JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Erick Thohir: Toilet di SPBU Pertamina Tak Boleh Berbayar, Harus Gratis!

Fasilitas toilet umum di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) MURI dikawasan Tegal, Jawa Tengah / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Anda sering mampir ke SPBU untuk sekadar istirahat atau buang air kecil di toilet? Rata-rata penggunaan toilet dikenakan tarif kebersihan sebesar Rp 2.000.

Nah, gara-gara toilet berbayar inilah, Menteri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir sedikit terusik.

Dia meminta fasilitas umum di Pom Bensin, seperti toilet umum, untuk digratiskan.

“Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini (toilet), harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari penjualan bensin, sudah gitu juga ada toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya mendapat fasilitas tambahan,” ujar Erick Thohir melalui video yang ia unggah pada Instagramnya, Senin (22/11/2021).

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

Menteri BUMN menyampaikan permintaannya berdasarkan fakta lapangan yang ia lihat, saat ia mendatangi toilet umum SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo.

Berdasarkan jawaban dari penjaga toilet di pom bensin tersebut, diketahui bahwa pom bensin tersebut termasuk pom bensin swasta.

Erick Thohir mendapat informasi, jika masyarakat ingin memakai toilet tersebut, masyarakat harus membayar Rp 2.000. Sedangkan untuk buang air dan mandi, masyarakat harus membayar Rp 4.000.

Berdasarkan jawaban penjaga tersebut, uang itu nantinya untuk perawatan toilet.

Erick mencoba untuk menggali informasi mengenai alasan dikenakannya biaya tersebut, tetapi sayangnya penjaga toilet tersebut tidak tahu akan hal itu.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

“Saya kurang tahu soalnya saya cuma kerja, Pak,” ujar penjaga tersebut.

Menteri BUMN menuliskan pada unggahannya tersebut, bahwa sudah menjadi kewajiban BUMN untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Ia meminta para Direksi Pertamina memperbaiki masalah seperti ini. Ia juga meminta kerja sama para pemilik SPBU swasta yang berada di bawah nama Pertamina.

“Saya minta Direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta, yang di bawah Pertamina toiletnya nggak boleh bayar, harus gratis!” tegas Erick Thohir.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com