JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Gelar Kuliah Pakar, Prodi S2 Pendidikan Sains FKIP UNS Hadirkan Prof I Wayan Subagia

Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Program Studi S2 Pendidikan Sains FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Pakar bertema Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPA, Selasa (2/11/2021).

Kuliah Pakar tersebut menghadirkan Prof I Wayan Subagia, M.App.Sc., Ph.D yang merupakan Guru Besar Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali.

Dalam kesempatan yang tersebut, Kepala Prodi S2 Pendidikan Sains FKIP UNS Surakarta, Dr. Sarwanto, M.Si menyampaikan bahwa Kuliah Pakar tersebut banyak memberi informasi bagi mahasiswa yang ingin mengambil materi tugas akhir, atau tesis berkaitan dengan kearifan lokal (etnosains).

Baca Juga :  Mahasiswa FEB UNS Ajak Ibu-ibu PKK Desa Gondosuli Tawangmangu Bikin Olahan Wortel

Dalam paparannya, Prof I Wayan Subagia menyampaikan bahwa integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPA meliputi tujuan pembelajaran, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar.

Prof Subagia menjelaskan, integrasi dalam bentuk tujuan pembelajaran IPA ditekankan pada peningkatan kemampuan peserta didik sebagai insan yang memiliki potensi untuk tenaga, suara dan pikiran (Tri Pramana).

Baca Juga :  Mahasiswa FEB UNS Ajak Ibu-ibu PKK Desa Gondosuli Tawangmangu Bikin Olahan Wortel

Selain itu juga peningkatan kemampuan peserta didik dalam berpikir, berbicara dan berbuat (Tri Kaya Parisudha).

“Serta peningkatan kemampuan peserta didik menggunakan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kemaslahatan hidup (widyaguna),” kata Prof I Wayan Subagia, Ph.D.

Integrasi dalam bentuk materi pelajaran pada materi pelajaran IPA, integrasi kearifan lokal ditekankan pada penggunaan materi-materi lokal sebagai wahana pengembangan potensi,kecakapan,dan kehidupan manusia.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua