JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Hasil Ekskavasi Tahap 2 Situs Watugenuk, Ditemukan 3 Candi Perwara

Ekskavasi Situs Watugenuk di Boyolali / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ekskavasi atau penggalian situs Watugenuk di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo tahap kedua dinyatakan berakhir pada Senin (8/11/2021). Penggalian tersebut  berhasil menemukan tiga candi perwara.

“Ini melengkapi temuan candi induk saat penggalian tahun 2016 lalu, di sana ada lingga dan yoni,” kata Winarto, Pamong Budaya Ahli Muda di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng.

Ditemui di lokasi penggalian situs Watugenuk, dia menyebutkan,  ukuran candi induk maupun candi perwara sama yaitu 5,5 X 5,5 meter.

Baca Juga :  Terbentur PPKM Level 3, Libur Sekolah di Boyolali  Bakal Diundur

Hanya saja, dari hasil penggalian ditemukan sejumlah batu yang lepas, dimungkinkan karena faktor usia atau kondisi alam.

“Batu- batu lepas berukir selanjutnya dititipkan kepada warga setempat. Penyerahan itu juga dilengkapi dengan berita acara penitipan.”

Sedangkan struktur batu yang ada tetap dibiarkan terbuka. Pihak BPCB tak jadi menutup kembali galian dengan penanda lapisan plastik. Hal itu sesuai dengan hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali.

Baca Juga :  ASN Pemkab Boyolali Terima Penghargaan KPK

“Hasil penggalian ini sekaligus sebagai bahan pembelajaran bagi masyarakat.”

Disinggung tentang bentuk candi atap candi, diperkirakan tiang maupun atap dari bahan kayu. Pasalnya, di lokasi hanya ditemukan struktur batu yang menyerupai pagar batas bangunan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua