JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Jeda Terlalu Lama, Daerah Didorong Ikut Sangga Anggaran Ekskavasi Situs Candi Watugenuk

Ekskavasi situs Candi Watugenuk di Boyolali / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah didorong untuk menyediakan dana eksvakasi atau penggalian lanjutan situs Candi Watugenuk di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

“Sebab jika hanya mengandalkan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) atau pusat bakal terlalu lama realisasinya,” ujar Ribut B Santosa, budayawan yang juga pendiri Ketholeng Institut Boyolali, Jumat (12/11/2021).

Dicontohkan, kegiatan penggalian tahap pertama oleh BPCB Jateng dilakukan tahun 2016 lalu. Hasilnya, ditemukan candi induk di situs Watugenuk tersebut. Dan ternyata untuk melakukan penggalian tahap kedua baru terealiasi tahun ini.

“Butuh waktu lima tahun, ini sangat lama,” ujarnya.

Baca Juga :  Memprihatinkan, Prasasti Sarungga di Cepogo, Boyolali  Merana, Belum Dilindungi Secara Arkeologis

Padahal, dari hasil penggalian tahap kedua sudah berhasil ditemukan tiga candi perwara. Sehingga perlu ada penggalian lanjutan sekaligus untuk mengetahui bentuk keseluruhan candi perwara tersebut.

Untuk itu, Ribut yang juga anggota DPRD Boyolali ini juga mendorong Pemkab Boyolali maupun Pemdes Kragilan, Kecamatan Mojosongo untuk menganggarkan dana guna melanjutkan penggalian yang telah dilakukan BPCB.

“Namun tentu saja, perlu ada koordinasi dengan BPCB sehingga semua bisa jelas. Apalagi, Boyolali sebenarnya sudah punya Perda tentang Kepurbakalaan.”

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk turut menjaga kawasan situs Candi Watugenuk. Pasalnya, situs tersebut merupakan warisan peninggalan purbakala yang sudah tercatat di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng.

Baca Juga :  Miris, Anak Belasan Tahun di Boyolali Ini Kuras Perhiasan, HP dan Uang Milik Tetangganya

“Temuan ini jelas luar biasa. Setelah Candi Lawang di Kecamatan Cepogo, kini ditemukan lagi candi Watugenuk di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo ini.”

Seperti diberitakan, tim BPCB Jateng berhasil menemukan tiga candi perwara di situs Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Candi perwara memiliki ukuran masing- masing 5,5 X 5,5 meter.

Temuan tersebut melengkapi temuan candi induk saat penggalian tahun 2016. Situs tersebut berada di tengah areal ladang milik warga. Waskita

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com