JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Jeda Terlalu Lama, Daerah Didorong Ikut Sangga Anggaran Ekskavasi Situs Candi Watugenuk

Ekskavasi situs Candi Watugenuk di Boyolali / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah didorong untuk menyediakan dana eksvakasi atau penggalian lanjutan situs Candi Watugenuk di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

“Sebab jika hanya mengandalkan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) atau pusat bakal terlalu lama realisasinya,” ujar Ribut B Santosa, budayawan yang juga pendiri Ketholeng Institut Boyolali, Jumat (12/11/2021).

Dicontohkan, kegiatan penggalian tahap pertama oleh BPCB Jateng dilakukan tahun 2016 lalu. Hasilnya, ditemukan candi induk di situs Watugenuk tersebut. Dan ternyata untuk melakukan penggalian tahap kedua baru terealiasi tahun ini.

Baca Juga :  Pendaki Asal Ukraina yang Tersesat di Gunung Merbabu Ditemukan Selamat

“Butuh waktu lima tahun, ini sangat lama,” ujarnya.

Padahal, dari hasil penggalian tahap kedua sudah berhasil ditemukan tiga candi perwara. Sehingga perlu ada penggalian lanjutan sekaligus untuk mengetahui bentuk keseluruhan candi perwara tersebut.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Boyolali, Ngebut dalam Kondisi Mabuk, 2 Pria Tewas Usai Hantam Tembok!

Untuk itu, Ribut yang juga anggota DPRD Boyolali ini juga mendorong Pemkab Boyolali maupun Pemdes Kragilan, Kecamatan Mojosongo untuk menganggarkan dana guna melanjutkan penggalian yang telah dilakukan BPCB.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua