JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Bencana Alam di Wonogiri dan Total Kerugiannya Tahun 2021 Menurun Dibandingkan 2020, ini Data Lengkapnya

Bencana alam
Bupati Wonogiri mengecek perlengkapan siaga bencana. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM –Jumlah kejadian bencana alam di Wonogiri pada tahun 2020 ini, menurun dibandingkan total bencana tahun ini. Kendati saat ini tahun masih berjalan.

Namun demikian penurunan jumlah itu sangat drastis. Demikian pula dengan total kerugian akibat bencana yang juga mengalami penyusutan banyak.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengungkapkan fakta itu saat apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana. Kegiatan digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga :  Unik, Melukis Memakai Solder dengan Media Triplek Karya Warga Bulusari Bulusulur Wonogiri, Pembuatnya Gitaris dan Penjual Roti Bakar loh

Joko Sutopo mengatakan, ada kecenderungan bahwa konsep mitigasi bencana alam sudah dilaksanakan dalam masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari komparasi data kebencanaan di Kabupaten Wonogiri.

Data kebencanaan Kabupaten Wonogiri yang meliputi bencana banjir, tanah longsor, tanah bergerak, tanah ambles, kebakaran dan angin kencang menunjukkan kecenderungan yang menurun. Penurunan terjadi, baik dalam jumlah maupun kerugian yang diakibatkan bencana.

Baca Juga :  Longsor Cubluk Kelurahan Giritirto Wonogiri, 1 Warga Tertimpa Rumah Roboh

Data tahun 2020 mencatat 93 kejadian bencana dengan total kerugian mencapai Rp 1.287.100.000. Pada tahun 2021, hingga awal bulan November, tercatat tujuh kejadian bencana dengan taksiran nilai kerugian sebesar Rp 22.000.000.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua