JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Kasus HIV/AIDS di Wonogiri Tembus Angka 652, Terbanyak dari Kecamatan ini

HIV/AIDS
Sekretaris KPA Wonogiri, Suprio Heryanto. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus HIV/AIDS di Wonogiri tahun ini bertambah 31 buah. Dengan demikian semakin menambah daftar panjang jumlah kasus HIV/AIDS sejak kali pertama muncul.

Informasi yang dihimpun dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri mencatat kasus HIV/AIDS di Wonogiri terdeteksi sejak 2001. Jika dihitung sampai saat ini jumlah kasus HIV/AIDS di Wonogiri ada sebanyak 652 temuan.

Baca Juga :  Akhirnya Wonogiri Punya Mal Pelayanan Publik Lokasinya di Gedung Giri Cahaya, Anggaran Pembangunan Sebesar 14 M

Jumlah kasus HIV/AIDS itu terhitung sejak 2001 sampai September 2021.

Secara berturut-turut Dinas Kesehatan Wonogiri menemukan kasus baru sebanyak 87 orang dengan HIV/AIDS (Odha) para 2018. Selanjutnya bertambah sebanyak 79 kasus pada 2019.

Lalau menurun pada 2020 dengan tambahan 61 orang. Kemudian kasus HIV/AIDS di Wonogiri bertambah 31 temuan baru per 30 September 2021.

Menurut Sekretaris KPA Kabupaten Wonogiri Suprio Heryanto, Wonogiri pola transmisi HIV/AIDS paling banyak dari heteroseksual ada 68 persen dari seluruh kasus yang ada. Terbanyak kedua ibu rumah tangga, ketiga LSL (laki-laki seks dengan laki-laki).

Baca Juga :  Suhu di Arab Bisa Capai 50 Derajat, Jemaah Haji Indonesia Diminta Siapkan Hal ini

“Heteroseksual kan gonta-ganti pasangan. Polanya di Wonogiri banyak pekerja perantau kemudian pulang dan belum mengetahui status HIV-nya kemudian menularkan ke istrinya,” ujar Suprio, Selasa (30/11/2021).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua