JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menkes Budi Gunadi: Varian Virus Corona AY.23 di Singapura Berasal dari Indonesia

Budi Gunadi Sadikin / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Indonesia menjadi negara asal varian virus Corona AY.23 di Singapura.ย  Dan kini, virus barian tersebut sedang tren di Singapura.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan varian virus corona AY.23 yang dominan di Singapura berasal dari Indonesia.

โ€œSingapura itu AY.23 pasti dari Indonesia asalnya,โ€ kata Budi dalam webinar kesehatan yang diadakan PKS, Sabtu (13/11/2021).

Budi menjelaskan, varian AY.23 merupakan mutasi dari varian Delta asli, yaitu B.1.617.2, yang banyak ditemukan di Indonesia.

โ€œJadi varian Delta yang asli B.1.617.2 masuk ke Indonesia lalu bermutasi jadi AY.23 dan jadi subvarian yang dominan di Indonesia dan menyebar ke luar, salah satunya Singapura,โ€ kata dia.

Baca Juga :  Kronologi Taruna STIP Jakarta Tewas Dianiaya Senior

Menurut Budi Gunadi, pemerintah rutin melakukan genome sequencing secara rutin terhadap varian-varian Delta. Selain itu, Indonesia juga beruntung karena sudah melampaui puncaknya varian Delta, sehingga imunitas masyarakat sudah ada.

Yang dikhawatirkan pemerintah saat ini, kata Budi, adalah varian AY.4.2 di Inggris. Kendati begitu, merujuk pada mutasi yang terjadi Inggris atau genomic-nya, Budi menyebut bahwa AY.4.2 sudah terjadi pada AY.23 dan AY.24 di Indonesia.

Baca Juga :  Mirip STY, Suwito Warga Dukuh Gembes Desa Slahung Ponorogo, Banjir Tawaran sebagai Bintang Tamu TV Nasional

โ€œJadi insya Allah kita harusnya relatif lebih tahan,โ€ ujarnya.

Belajar dari pengalaman saat gelombang kenaikan kasus Covid-19 pertama dan kedua, Budi mengatakan pemerintah melakukan penjagaan di semua pintu masuk kedatangan luar negeri.

Jika sebelumnya hanya memperketat bandar udara, kini pemerintah memperketat penjagaan di 5 bandar udara, 9 pelabuhan, dan 4 kedatangan di jalur darat.

โ€œDari udara masuknya banyak dari Soekarno Hatta, pelabuhan laut dari Batam, darat dari Entikong. Itu tempat-tempat entry perbatasan yang kami jaga dengan kuat,โ€ kata Budi Gunadi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com