JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Nuryanto, Calon Anggota DPRD Wonogiri Pengganti Setyo Sukarno Dinyatakan Memenuhi Syarat oleh KPU, Artinya?

PAW
Penyerahan berita acara klarifikasi KPU di Sekretariat DPC PDIP Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Nuryanto, calon Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Wonogiri dinyatakan memenuhi syarat. Dengan demikian Nuryanto bisa menjadi anggota DPRD Wonogiri sebagai pengganti Setyo Sukarno.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (16/11/2021), KPU Wonogiri telah menyampaikan jawaban atas Surat Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri nomor 170/846 tanggal 10 November 2021 perihal Permohonan Nama Calon Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri.

“Nuryanto memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon pengganti antar waktu Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri menggantikan Setyo Sukarno,” ungkap Ketua KPU Wonogiri,Toto Sihsetyo Adi.

PAW, sebut dia, dilakukan karena anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Wonogiri, Setyo Sukarno mengundurkan diri. Menyusul ketika itu Setyo ditetapkan sebagai peserta dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020.

Baca Juga :  APBD Wonogiri 2022 Defisit 98 Miliar, RAPBD Akhirnya Disahkan Jadi Perda APBD

Selanjutnya KPU Kabupaten Wonogiri melakukan verifikasi terhadap berkas yang telah diterima dari pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri. Berdasarkan regulasi, bahwa calon pengganti antarwaktu adalah calon yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Namun, tetiba ada surat pengunduran diri dari calon legislatif yang memperoleh suara terbanyak berikutnya atas nama Welas Handayani. Maka pada 12 November 2021 KPU Wonogiri melakukan klarifikasi kepada Welas Handayani dan kepada Pimpinan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Wonogiri.

Dari hasil klarifikasi diperoleh keterangan bahwa Welas Handayani mengundurkan diri sebagai calon pengganti antar waktu. Pengunduran diri tersebut telah disetujui oleh pimpinan DPC PDI Perjuangan.

Berdasar hasil klarifikasi tersebut, maka Welas Handayani dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon pengganti antarwaktu karena mengundurkan diri. Selanjutnya berdasar hasil verifikasi yang dilakukan KPU Kabupaten Wonogiri, maka urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara adalah Nuryanto.

Baca Juga :  PTM 100 Persen di Wonogiri Belum Jadi Dilaksanakan, Apakah Menunggu Natal Tahun Baru?

Pada 12 November 2021 KPU Wonogiri melakukan rapat pleno yang menyatakan Nuryanto memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon pengganti antar waktu Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri menggantikan Setyo Sukarno.

Sebelumnya diwartakan, teka-teki soal siapa sosok baru anggota DPRD Wonogiri dalam mekanisme penggantian antar waktu (PAW) Setyo Sukarno, terjawab sudah. Ternyata legislator pengganti dari PDIP tersebut adalah Nuryanto.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengungkapkan fakta tersebut kepada wartawan di lobby Gedung B komplek Setda Wonogiri, Jumat (5/11/2021). Bupati mengatakan, rekomendasi dari DPP PDIP untuk sosok anggota DPR Wonogiri dari jalur PAW adalah Nuryanto.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua