JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Nuryanto, Calon Anggota DPRD Wonogiri Pengganti Setyo Sukarno Dinyatakan Memenuhi Syarat oleh KPU, Artinya?

PAW
Penyerahan berita acara klarifikasi KPU di Sekretariat DPC PDIP Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Nuryanto, calon Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Wonogiri dinyatakan memenuhi syarat. Dengan demikian Nuryanto bisa menjadi anggota DPRD Wonogiri sebagai pengganti Setyo Sukarno.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (16/11/2021), KPU Wonogiri telah menyampaikan jawaban atas Surat Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri nomor 170/846 tanggal 10 November 2021 perihal Permohonan Nama Calon Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri.

Nuryanto memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon pengganti antar waktu Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri menggantikan Setyo Sukarno,” ungkap Ketua KPU Wonogiri,Toto Sihsetyo Adi.

PAW, sebut dia, dilakukan karena anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Wonogiri, Setyo Sukarno mengundurkan diri. Menyusul ketika itu Setyo ditetapkan sebagai peserta dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020.

Selanjutnya KPU Kabupaten Wonogiri melakukan verifikasi terhadap berkas yang telah diterima dari pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri. Berdasarkan regulasi, bahwa calon pengganti antarwaktu adalah calon yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Namun, tetiba ada surat pengunduran diri dari calon legislatif yang memperoleh suara terbanyak berikutnya atas nama Welas Handayani. Maka pada 12 November 2021 KPU Wonogiri melakukan klarifikasi kepada Welas Handayani dan kepada Pimpinan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Wonogiri.

Dari hasil klarifikasi diperoleh keterangan bahwa Welas Handayani mengundurkan diri sebagai calon pengganti antar waktu. Pengunduran diri tersebut telah disetujui oleh pimpinan DPC PDI Perjuangan.

Berdasar hasil klarifikasi tersebut, maka Welas Handayani dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon pengganti antarwaktu karena mengundurkan diri. Selanjutnya berdasar hasil verifikasi yang dilakukan KPU Kabupaten Wonogiri, maka urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara adalah Nuryanto.

Baca Juga :  PPK Wonogiri Ditarget Bisa Bantu Wujudkan Partisipasi Pilkada Wonogiri 2024 80 Persen, Yakin Mampu?

Pada 12 November 2021 KPU Wonogiri melakukan rapat pleno yang menyatakan Nuryanto memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon pengganti antar waktu Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri menggantikan Setyo Sukarno.

Sebelumnya diwartakan, teka-teki soal siapa sosok baru anggota DPRD Wonogiri dalam mekanisme penggantian antar waktu (PAW) Setyo Sukarno, terjawab sudah. Ternyata legislator pengganti dari PDIP tersebut adalah Nuryanto.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengungkapkan fakta tersebut kepada wartawan di lobby Gedung B komplek Setda Wonogiri, Jumat (5/11/2021). Bupati mengatakan, rekomendasi dari DPP PDIP untuk sosok anggota DPR Wonogiri dari jalur PAW adalah Nuryanto.

“Ya, pak Nuryanto, saat ini prosesnya sudah di DPRD tinggal menunggu waktu (pelantikan),” ungkap Bupati.

Awalnya ada dua nama yang mengemuka sebagai pengganti Setyo Sukarno yang kini menjabat Wakil Bupati Wonogiri. Keduanya adalah Welas Handayani dan Nuryanto. Mereka merupakan calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP pada Pemilu Legislatif Wonogiri 2019. Keduanya berasal dari daerah pemilihan (dapil) yang sama dengan Setyo Sukarno, yakni dapil Wonogiri V.

Welas Handayani meraih suara terbanyak pertama setelah empat caleg PDIP di dapil V berhasil menjadi anggota DPRD Wonogiri. Sementara Nuryanto meraih suara di bawah Welas. Welas Handayani meraup 3.210 suara. Sedangkan Nuryanto meraih 3.187 suara.

“Bu Welas mengundurkan diri atau tidak bersedia (menjadi anggota DPRD PAW) dengan alasan aktifitas beliau. Akhirnya turun rekomendasi dari DPP ke Pak Nuryanto itu,” beber Bupati.

Dia mengatakan, Nuryanto merupakan pengurus di DPC PDIP Wonogiri sebagai salah satu wakil ketua. Sedangkan Welas Handayani adalah pengurus di PAC PDIP Kecamatan Giriwoyo.

Nuryanto, ujar dia, merupakan warga Kecamatan Giritontro. Dia memiliki latar belakang pengusaha bahan bangunan. Nuryanto melaju dari dapil V yang terdiri dari Kecamatan Baturetno, Giriwoyo, Giritontro, Pracimantoro, dan Paranggupito.

Baca Juga :  Tarso, Anggota DPRD dari PDI Perjuangan Ambil Formulir Cabup Wonogiri Lewat Partai Gerindra

Untuk diketahui, Setyo Sukarno mengundurkan diri sebagai anggota DPRD hasil Pemilu Legislatif 2019 pada 23 September 2020 lalu. Pengunduran diri itu dilakukan menyusul ditetapkannya Setyo sebagai calon wakil bupati (cawabup) mendampingi calon bupati (cabup) Joko Sutopo pada Pilkada Wonogiri 2020.

Pada Pileg Wonogiri 2019 lalu ada sembilan caleg PDIP dari dapil V. Empat orang peraih suara terbanyak lolos menjadi anggota DPRD, termasuk Setyo Sukarno yang saat itu meraih suara terbanyak pertama di dapil V. Lima caleg lainnya tak lolos menjadi legislator. Setyo Sukarno memperoleh suara terbanyak di dapil V, yakni 14.772 suara. Selain Setyo, secara berurutan di bawahnya adalah Novri Roesmono yang memperoleh 7.037 suara, Irwan Hadi Purnomo 5.576 suara, dan Soetarno SR. 3.736 suara.

Berdasar ketentuan PKPU Nomor 6 Tahun 2019 perubahan PKPU Nomor 6 Tahun 2017 tentang PAW Anggota Dewan, PAW tidak bisa dilaksanakan jika masa jabatan anggota DPRD yang diganti kurang dari enam bulan terhitung sejak permintaan PAW dari pimpinan DPRD yang diterima KPU. Kebetulan ketika itu masa jabatan Setyo Sukarno telah melebihi ketentuan minimal itu.

Selain itu, anggota DPRD kabupaten/kota yang berhenti antar waktu diganti oleh calon PAW yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya. Tentunya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai dan dapil yang sama pada Pileg terakhir.

Namun demikian, jika calon PAW meninggal dunia, mengundurkan diri, atau tak lagi memenuhi syarat sebagai anggota DPRD, digantikan calon PAW yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya lagi dari parpol dan dapil yang sama. Kasus ini sama seperti yang dialami Welas Handayani dan Nuryanto. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com