JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pete Kaya Manfaat dan Keuntungan, Ketua Pemuda Tani Sragen Ajak Masyarakat Bisa Tanami Lahan Kosong. Ternyata Bisa Cegah Stroke dan Kanker!

Ketua Pemuda Tani Kabupaten Sragen, Isyana Darmastuti Raras Anindyasari saat didaulat menjadi pembicara dalam acara pemanfaatan lahan kosong tanah kas desa dengan penanaman Pete di Balai Desa Tempelrejo, Kecamatan Mondokan, Sragen, kemarin. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat diajak bisa memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami petai atau pete. Pasalnya tanaman itu dinilai masih prospektif dan kaya manfaat.

Hal itu disampaikan Ketua Pemuda Tani Kabupaten Sragen, Isyana Darmastuti Raras Anindyasari saat didaulat menjadi pembicara dalam acara pemanfaatan lahan kosong tanah kas desa dengan penanaman Pete di Balai Desa Tempelrejo, Kecamatan Mondokan, Sragen, kemarin.

Acara yang diprakarsai oleh Disperindag bersama Rumah Bibit Mbak Raras itu dihadiri warga dan tokoh dari desa setempat.

Raras yang juga owner Rumah Bibit Mbak Raras itu menyampaikan tanaman Pete sangat potensial untuk ditanam di lahan kosong.

Menurutnya tanaman Pete cocok dijadikan tanaman untuk lahan atau pekarangan kosong karena peluang pasarnya masih terbuka lebar.

Kemudian ada beberapa kelebihan dari tanaman yang dikenal sebagai lalapan dan punya bau khas tersebut.

Di antaranya relatif lebih tahan hama,
tahan lama sehingga untuk distribusi tidak begitu terpancang waktu jika harus dikirim ke daerah lain.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami

“Bisa hidup di dataran tinggi maupun dataran rendah dan pemeliharaannya tidak terlalu sulit. Jika tumbuh baik bisa menghasilkan 4.000-5.000 polong per pohon per tahun. Kemudian bisa ditanam monokultur atau tumpang sari,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (29/11/2021).

Manfaat Tanaman Pete

Lebih dari itu, tanaman Pete dinilai juga kaya manfaat bagi kesehatan. Raras menguraikan dari referensi yang diketahuinya, tanaman Pete sangat baik untuk kesehatan.

Biji petai memiliki banyak kandungan gizi antara lain vitamin A, vitamin C, Kalsium, dan zat besi. Lantas meningkatkan kemampuan otak, mengaktifkan impuls saraf di sistem saraf, membantu mengatur kontraksi otot, refleks, detak jantung, dan proses lain.

“Kemudian bisa menenangkan sistem araf dan mengurangi cemas dan stres. Petai juga kaya akan kalium yang membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengelola keseimbangan air tubuh,” urainya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo
Tanaman Pete. Foto/Wardoyo

Kemudian konsumsi Pete dipercaya bisa mengatasi luka lambung, melancarkan pencernaan, memiliki antioksidan tinggi dan anti kanker.

Hasil uji petai kukus yang sudah menjadi serbuk, memiliki kadar antioksidan 70,58 persen mili gram per mililiter dan kandungan tanin yang bermanfaat menangkal radikal bebas.

Manfaat petai bagi kesehatan juga bisa membantu mengatasi anemia, mengatasi tekanan darah tinggi, mencegah stroke dan menurunkan risiko kematian.

“Jadi konsumsi Pete setiap hari bisa menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40 persen. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA), manfaat petai untuk menghindari serangan penyakit stroke,” imbuh Raras.

Melihat banyaknya manfaat petai untuk kesehatan serta memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi itu, pihaknya pun mendorong agar masyarakat bisa mengembangkan budidaya tanaman petai sebagai peluang bisnis baru. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com