JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Rel Layang Joglo Segera Dibangun, 500 Kepala Keluarga yang Tinggal di Tanah KAI Dapat Santunan dan Diberi Waktu Seminggu untuk Pindah

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meninjau Palang Joglo, Jumat (26/2/2021). Ist
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 500 warga terdampak proyek rel layang Joglo menerima santunan, Selasa (16/11/2021). Total anggaran yang diberikan untuk santunan tersebut sebesar Rp 32 miliar.

Kepala Balai Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya mengatakan, pihaknya mulai memberikan santunan kepada warga terdampak rel layang Joglo dimana pembangunannya akan dimulai dalam waktu dekat.

“Saat ini dilakukan upaya penertiban dulu, kalau pembebasan lahan mulai tahun depan, itu yang ada di tanah KAI. Untuk nilai santunan yang diberikan kepada setiap penerima tidak sama, tergantung dari sejumlah komponen yang dipertimbangkan, di antaranya nilai bangunan dan pohon yang tumbuh di tanah,” ujarnya.

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Selain uang santunan, para warga terdampak juga mendapatkan biaya sewa kurang lebih enam bulan.

Ditambahkan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, warga yang masih tinggal di tanah KAI diberikan waktu selama satu minggu ke depan untuk berkemas dan meninggalkan lokasi. Untuk proses kepindahan, mereka akan dibantu dengan penyediaan transportasi dari Pemkot Solo.

Baca Juga :  Terlanjur Malu Jadi Motif Penipuan Catering di Solo dengan Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

“Dengan bantuan ini, kami harapkan mampu mengurangi pengeluaran para warga terdampak,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga penerima santunan, Yanto mengaku telah menerima tali asih sebesar Rp 4,3 juta. Namun demikian, dia belum memiliki rencana untuk pindah kemana.

“Sampai sekarang saya belum tahu mau pindah ke mana. Karena kalau mau mencari kontrakan baru berkisar Rp 10 juta,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com