JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Daung Pisang, Bukan Hanya Sekedar Bungkus Makanan Tetapi Bisa untuk Pengobatan

Ilustrasi daun pisang. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Selain buahnya, daun pohon pisang juga bermanfaat untuk berbagai keperluan.

Pada umumnya daun pisang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Tetapi selain sebagai bungkus, daun pisang memiliki berbagai manfaat lain.

Melansir dari laman DrHealthBenefits, berikut adalah 11 manfaat daun pisang :

Obat sakit tenggorokan
Rebusan daun pisang dapat mengurangi sakit tenggorokan secara bertahap apabila diminum sehari sekali. Radang tenggorokan merupakan gangguan yang biasanya disebabkan oleh virus.

Baca Juga :  Efek Samping Setelah Vaksin Covid-19 Berkaitan Dengan Nocebo, Apa Itu?

Kaya antioksidan
Daun yang memiliki bentuk lebar ini kaya akan senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan diperlukan untuk melawan berbagai gangguan akibat radikal bebas, seperti ateroskleresis, demensia, hingga kanker.

Menurunkan demam
Antioksidan yang terdapat pada daun pisang dapat membantu menurunkan demam. Selain itu, efek astringennya juga dapat meredakan rasa tidak nyaman ketika demam. Untuk mendapatkan manfaat ini, minumlah rebusan daun pisang 3 kali sehari.

Baca Juga :  Seperti Ini Cara Penanganan Pasien Omicron Sesuai Arahan Kemenkes

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun pisang mengandung allantoin, zat yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua