JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Daung Pisang, Bukan Hanya Sekedar Bungkus Makanan Tetapi Bisa untuk Pengobatan

Ilustrasi daun pisang. pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Selain buahnya, daun pohon pisang juga bermanfaat untuk berbagai keperluan.

Pada umumnya daun pisang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Tetapi selain sebagai bungkus, daun pisang memiliki berbagai manfaat lain.

Melansir dari laman DrHealthBenefits, berikut adalah 11 manfaat daun pisang :

Obat sakit tenggorokan
Rebusan daun pisang dapat mengurangi sakit tenggorokan secara bertahap apabila diminum sehari sekali. Radang tenggorokan merupakan gangguan yang biasanya disebabkan oleh virus.

Kaya antioksidan
Daun yang memiliki bentuk lebar ini kaya akan senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan diperlukan untuk melawan berbagai gangguan akibat radikal bebas, seperti ateroskleresis, demensia, hingga kanker.

Menurunkan demam
Antioksidan yang terdapat pada daun pisang dapat membantu menurunkan demam. Selain itu, efek astringennya juga dapat meredakan rasa tidak nyaman ketika demam. Untuk mendapatkan manfaat ini, minumlah rebusan daun pisang 3 kali sehari.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun pisang mengandung allantoin, zat yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Obat disentri
Meminum air rebusan daun pisang sekali sehari juga dapat mengurangi pendarahan usus pada disentri. Hal ini karena daun pisang mengandung allantoin dan polifenol.

Menyembuhkan luka dan iritasi kulit
Manfaat daun pisang selanjutnya yakni dapat menyembuhkan luka dan iritasi. Caranya yakni dengan menghaluskan beberapa daun pisang menggunakan lesung lalu mengoleskannya pada area yang terluka.

Menjaga kesehatan rambut
Kandungan allantoin dan astringen yang tinggi membuat ekstrak daun pisang dapat membantu mengatasi ketombe, menjaga kesehatan kulit kepala dan menjaga warna alami rambut. Penggunaan masker dari daun pisang yang dihaluskan juga dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan kulit
Masker daun pisang telah digunakan dalam spa tradisional secara turun-temurun untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya yakni dengan menghaluskan daun pisang segar menggunakan lesung atau blender lalu mengoleskannya ke wajah atau seluruh tubuh.

Mengurangi selulit dan berat badan
Spa tradisional juga kerap memanfaatkan daun pisang dalam program penurunan berat badan. Perawatan ini populer di Keraton Yogyakarta dan Bali untuk menjaga kecantikan ratu, putri dan selir.

Makanan ternak
Hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, ayam dan kelinci menyukai rasa dari daun pisang, terutama daun yang masih muda. Daun ini juga mengandung nutrisi yang baik dan dapat bertindak sebagai obat alami hewan-hewan tersebut.

Kerajinan tangan
Daun pisang dapat diubah menjadi kerajinan tangan yang indah dan bernilai tinggi. Biasanya, daun pisang kering dianyam dan dibuat menjadi tas, ikat pinggang atau gelang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com