JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Ternyata Dana Darurat Perlu Dipersiapkan Sejak Lama Lho! Simak Alasan Berikut!

Ilustrasi menabung. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Di tengah meningkatnya literasi finansial masyarakat, pembicaraan yang sering terjadi adalah mengenai kesadaran akan pentingnya perencanaan terhadap dana darurat. Apalagi seperti pandemi covid-19 yang sudah terjadi hampir dua tahun.

Dana darurat adalah sebuah dana alokasi uang yang digunakan untuk keperluan saat keadaan genting yang tidak bisa diprediksi kapan keadaan tersebut. Hal tersebut mempunyai beberapa faktor, baik disebabkan oleh bencana atau hal lain yang bisa menganggu arus kas dalam perencanaan keuangan.

Oleh karena itu, dana darurat sangat diperlukan dalam kehidupan. Jika tiba-tiba terjadi sesuatu tidak perlu khawatir lagi karena telah memiliki dana darurat. Dana darurat ini akan menjadi sumber dana dalam menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti biaya hidup yang semakin mahal, terkena PHK, biaya pengobatan, biaya perawatan pasca kecelakaan, ataupun yang lainnya.

Bagi sebagian orang yang belum memiliki ataupun merencanakan dana darurat, di bawah ini akan dipaparkan beberapa alasan mengapa harus memiliki dana darurat sejak dini dilansir melalui republika.co.id

1. Membiayai kebutuhan saat mendesak: Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja, contohnya saat pandemi seperti sekarang. Hal-hal yang tidak diinginkan seringkali terjadi baik dari segi kesehatan atau finansial yang lain. Pada masa di luar pandemi pun, kemungkinan kebutuhan mendesak pun tidak akan hilang. Oleh karena itu pentingnya menyiapkan dana darurat, karena dalam keadaan mendesak sekalipun sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua