JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

39 Kelompok Tani di Sragen Dapat Bantuan Mesin Cultivator dari Aspirasi Mas Bowo dan 3 Anggota DPRD. Bupati Ingatkan Uang Kecil Bisa Jadi Masalah!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi anggota DPRD Jateng asal Sragen Untung Wibowo Sukowati dan Mukafi Fadli bersama Kadistan KP saat menyerahkan bantuan alsintan Cultivator ke kelompok tani, Rabu (29/12/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 39 kelompok tani (poktan) dari 14 kecamatan di Kabupaten Sragen mendapat kucuran bantuan berupa 39 unit alat mesin pertanian (alsintan) dari Pemprov Jawa Tengah.

Puluhan bantuan alsintan itu didatangkan ke Sragen atas perjuangan aspirasi anggota DPRD Provinsi Jateng dari Dapil Jateng VI, di antaranya Untung Wibowo Sukowati asal PDIP, Mukafi Fadli dari PKB, Sriyanto Saputro dari Gerindra dan Hadi Santoso dari PKS.

Bupati pun mengingatkan agar Poktan penerima bisa memanfaatkan bantuan untuk operasional kelompok.

Sementara bagi dinas yang mengurusi diminta untuk tidak ada pungutan dalam bentuk maupun bahasa apapun.

Bantuan cultivator atau mesin pengolah tanah itu terdiri dari 7 unit dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng dan 32 unit cultivator dari aspirasi anggota DPRD Jateng.

Baca Juga :  Kasus Tewasnya Warga PSHT, Sempat Beredar Kabar Korban Pembacokan, Polisi Tegaskan Tabrak Lari

Penyerahan bantuan alsintan senilai ratusan juta rupiah ke Poktan itu dilakukan oleh anggota DPRD Jateng, Untung Wibowo Sukowati dan Mukafi Fadli disaksikan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Sragen, Rabu (29/12/2021).

Kepala Distan KP Sragen, Eka Rini Mumpuni Titi Lestari menyampaikan total alsintan yang diterima Sragen mencapai 228 unit dan 39 unit alsintan di antaranya berasal dari Pemprov Jateng.

Sisanya berasal dari Kementerian Pertanian (Kementan). Sedangkan 39 alsintan berupa cultivator dari Provinsi Jateng itu terdiri atas tujuh unit merupakan bantuan reguler dari Distanbun Jateng dan 32 unit dari aspirasi anggota DPRD Provinsi Jateng.

Baca Juga :  Akui Mengarang Cerita Pembacokan, Korban Tabrak Lari di Sragen Akhirnya Minta Maaf di Depan Kapolres

Dengan sudah diserahterimakan, bantuan alsintan itu diharapkan bisa segera dioperasionalkan dan tepat sasaran.

“Ada 39 poktan yang menerima bantuan, jadi satu poktan satu unit. Ini biasanya untuk kebun, lahan kering dan tanaman palawija. Kalau yang di sawah biasanya yang besar. Harapan kami semoga bisa segera dimanfaatkan untuk memudahkan petani,” paparnya kepada wartawan.

Anggota DPRD Jateng dari Fraksi PDIP, Untung Wibowo Sukowati menyampaikan pertanian Sragen merupakan sokoguru pangan nasional sehingga alsintan menjadi kebutuhan primer bagi petani.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com