JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Berencana Liburan ke Mesir? Berikut Beberapa Tips Berlibur ke Mesir!

Salah satu destinasi wisata di Mesir. Foto: Pexels
   

Mesir menjadi salah satu destinasi wisata, yang banyak dikunjungi oleh wisatawan salah satunya Indonesia. Apabila Anda ingin mengenal lebih jauh terkait sejarah peradaban Islam terutama Mesir kuno, maka wajib mengunjungi Mesir. Untuk Anda yang ingin mengunjungi Mesir, tentu membutuhkan akomodasi transportasi pesawat. Anda bisa memilih maskapai penerbangan Egypt Air yang dapat dipesan melalui Traveloka Lifestyle SuperApp.

Tips Liburan Ke Mesir

Mesir memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan unik. Bagi Anda yang baru pertama kali berlibur ke luar negeri dan menentukan destinasi wisata ke Mesir, maka perlu dibekali beberapa persiapan. Berikut ini beberapa yang perlu Anda ketahui saat mengunjungi Mesir.

 Ketahui Iklim Di Mesir

Hal pertama kali yang harus Anda pahami yaitu, bahwa Mesir memiliki tiga musim. Mesir terdiri dari musim dingin, musim panas dan juga musim semi. Curah hujannya hanya 4 kali saja dalam 1 tahun, jadi bisa dibilang Mesir merupakan kota yang kering.

Musim panas di Mesir mengalami puncaknya pada Juni sampai September dengan suhu 45 derajat Celcius. Bahkan di gurun, Anda bisa merasakan suhu hingga 50 derajat Celcius. Sementara pada musim dingin akan terjadi di bulan Oktober sampai Februari dengan suhu mencapai 18 derajat Celcius.

Pada masa musim semi, akan dimulai di bulan Maret dan berakhir di bulan Mei. Waktu yang paling tepat untuk memilih liburan ke Mesir adalah pada musim semi karena pada musim tersebut suhu udara di sana hampir sama dengan Indonesia. Masih cukup terasa sejuk walaupun cenderung kering dengan suhu hingga 30 derajat Celcius. Disarankan untuk tidak memilih liburan ke Mesir pada musim panas karena cuacanya kurang bersahabat dengan tipe kulit orang Indonesia.

Salah satu destinasi wisata di Mesir. Foto: Pexels

 Perbedaan Waktu

Indonesia dan Mesir tentu saja memiliki perbedaan waktu. Keduanya punya perbedaan waktu hingga 5 jam. Jadi usahakan untuk memiliki waktu yang panjang untuk liburan agar tidak terlalu lelah. Waktu penerbangan dari Indonesia ke Mesir bisa mencapai 11 jam, jadi selama perjalanan di dalam pesawat, Anda bisa mengisi waktu dengan istirahat dan tidur.

Mengetahui perbedaan waktu saat pergi liburan ke beda negara tentu saja sangat penting. Hal ini membantu Anda untuk mencari waktu yang tepat saat mengabari sanak saudara perihal kepergian Anda.

Menggunakan Jasa Pemandu Wisata

Ketika berkunjung ke negara yang berbeda tentu Anda akan mengalami perbedaan kultur, yang kadang hingga bertolak belakang dengan kultur budaya di Indonesia. Bagi Anda yang baru pertama kali ke Mesir, maka wajib menggunakan jasa pemandu wisata agar tidak bingung selama menyusuri negara tersebut. Mengunjungi Mesir dengan tanpa pemandu wisata bisa membuat anda tersesat pada satu area sampai berjam-jam.

Jasa pemandu di Mesir harganya tidak mahal dan memang wajib digunakan untuk membuat waktu Anda lebih efektif. Sehingga liburan Anda bisa diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang diinginkan di Mesir tanpa harus tersesat.

 Gunakan Pakaian Tertutup

Pastinya anda sudah memahami bahwa Mesir memiliki penduduk dengan mayoritas pemeluk agama Islam. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan pakaian tertutup, terutama bagi para wanita. Disarankan untuk Anda memakai celana panjang atau rok panjang yang longgar, apalagi untuk para muslimah.

Selain itu, ketika liburan di Mesir maka jangan sekali-sekali bermesraan di tempat umum. Karena masyarakat Mesir umumnya konservatif sehingga bermesraan dalam bentuk apapun di tempat umum sangat dilarang. Anda bisa mengalami penolakan dari masyarakat Mesir, jika melakukan hal tersebut di sana.

 Perhatikan Makanan Di Mesir

Jika lihat dari segi faktor kehalalan, maka bisa dipastikan bahwa makanan di Mesir halal karena mayoritas penduduknya muslim. Mungkin bagi Anda yang terbiasa makan nasi, akan sulit untuk menyesuaikan sumber karbohidrat, karena makanan Mesir biasanya dilengkapi dengan roti-rotian sebagai sumber karbohidrat, tidak seperti di Indonesia yang mengandalkan nasi. Belum lagi bumbu makanannya yang mungkin saja tidak terasa cocok di lidah.

Namun tidak perlu khawatir, karena di Mesir ada banyak warung-warung Indonesia yang bisa Anda temukan terutama di kawasan district 10. Di kawasan ini, ada banyak warga Indonesia bermukim jadi tidak salah jika terdapat pula banyak menu makanan Indonesia di sana. Mulai dari nasi padang, bakso,  mie ayam, ayam penyet, soto Kudus sampai soto betawi dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa sekalian menyewa penginapan di hotel atau wisma yang dikelola secara kekeluargaan oleh mahasiswa Indonesia dengan harga yang terjangkau di dekat district 10 ini. Namun jika memang ingin mengeksplorasi kuliner Mesir, tidak ada salahnya mencicipi menu menu makanan ala Mesir yang pastinya nikmat dan juga penuh gizi.

Salah satu destinasi wisata di Mesir. Pixabay

Transportasi Selama Di Mesir

Tidak hanya makanan saja yang wajib diperhatikan, tapi juga alat transportasi selama di Mesir. Ada beberapa pilihan angkutan umum di Mesir yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih angkutan populer di Mesir yaitu Metro. Metro ini modelnya cukup mirip dengan KRL, di mana Anda perlu membeli tiket untuk menaikinya. Angkutan metro ini harganya cukup terjangkau.

Selain Metro Anda bisa memilih taksi, namun tidak disarankan bagi Anda yang memiliki budget tipis. Tapi jika anda ingin memilih moda transportasi paling aman, maka bisa memilih rent car. Disarankan memilih jasa penyewaan mobil di mana yang memiliki usaha adalah orang Indonesia, karena Anda juga bisa sekalian menyewa guide.

Kini tentu anda sudah tahu berbagai tips yang diperlukan agar bisa nyaman saat liburan ke Mesir. Untuk Anda yang sedang mencari tiket pesawat ke Mesir, maka paling mudah mencarinya hanya di Traveloka. Traveloka merupakan situs tempat pembelian tiket paling aman dan terpercaya untuk moda transportasi apa saja. Tidak hanya pesawat, anda juga bisa membeli tiket kereta api, bus hingga tempat booking hotel.

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com