JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Deretan Foto Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Keren Jadi Destinasi Wisata Baru Andalan Kota Gaplek

Waduk Pidekso
Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri dilihat dari atas. Foto : istimewa
   
Waduk pidekso Giriwoyo Wonogiri
Bangunan utama Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri kini menjadi destinasi wisata baru di Kota Gaplek Wonogiri. Sudah banyak warga mengunjungi waduk yang menjadi pembendung aliran sungai Bengawan Solo Hulu tersebut.

Pengunjung yang datang selain menikmati eksotisme tampungan air plus dereten perbukitan khas Wonogiri tenggara, tak lupa mengabadikan melalui kamera ponselnya. Tak sedikit yang kemudian mengunggahnya di akun media sosial masing-masing.

Namun bagi anda yang belum sempat berkunjung ke Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, berikut kami tampilkan sejumlah foto menarik. Foto sebagian besar diambil dari udara, foto kami dapat dari berbagai sumber, salah satunya dari otoritas Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?
Waduk pidekso
Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Foto : istimewa

Project Manager PT PP Waduk Pidekso, Nur Eko mengungkapkan rencana pembuatan greenbelt tersebut kepada wartawan baru-baru ini. Tanaman buah-buahan di green belt Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri akan dikelola kelompok-kelompok masyarakat.

“Agar bisa dimanfaatkan masyarakat,” ungkap dia.

Waduk Pidekso
Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri dilihat dari atas. Foto : istimewa

Untuk pemanfaatan tanaman bakal dibentuk kelompok warga. Merekalah yang berhak mengelola sekaligus merawat tanaman produktif itu.

Di samping itu, sekeliling jalan dekat green belt bisa dimanfaatkan untuk penambah penghasilan warga. Yakni dengan mendirikan warung, kerajinan, pusat oleh-oleh dan usaha menjanjikan lainnya.

Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa

Adapun elevasi tertinggi apabila waduk sudah penuh mencapai 185 meter mdpl.

Di sisi lain, sekeliling Waduk Pidekso juga sedang dibangun jalan lingkar relokasi. Jalan lingkar relokasi itu untuk memberikan akses baru kepada masyarakat sekitar waduk. Pasalnya, sebagian jalan yang lama akan terendam Waduk Pidekso.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo
Waduk pidekso
Waduk pidekso Giriwoyo Wonogiri. Foto : istimewa

Total panjang jalan lingkar tersebut mencapai 13,3 kilometer. Terbagi atas jalan lingkar kiri sepanjang 2,8 kilometer dan jalan lingkar kanan sepanjang 10,5 kilometer. Jalan lingkar kiri melewati Desa Sendangsari, sedangkan jalan lingkar kanan melalui Desa Pidekso.

Waduk pidekso
Waduk pidekso Giriwoyo Wonogiri. Foto : istimewa

Proyek pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri mulai dikerjakan sejak 2018 dengan total dana sekitar Rp 700 miliar. Semula, pembangunan waduk ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, targetnya dipercepat menjadi Desember 2021. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com