JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Hipotesis Ahli Virologi: Varian Omicron Mudah Menular, Namun Kurang Mematikan

Pandemi Covid-19 masih terjadi
ilustrasi virus Corona
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Varian Omicron yang kini rampai diperbincangkan, dikenal lebih cepat menular ketimbang Covid-19.

Namun diperkirakan, gejala yang ditimbulkan oleh varian ini lebih ringn ketimbang virus sebelumnya.

Demikian hasil hipotesis dari seorang ilmuwan Rusia, Kepala Peneliti di Institut Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya Rusia, Profesor Anatoly Altshtein.

Ilmuwan yang menciptakan vaksin Sputnik V telah menjelaskan, bahwa struktur varian baru virus corona (Covid-19) Omicron menunjukkan bahwa varian itu ‘bisa sangat menular, namun kurang mematikan’.

Banyaknya mutasi pada Omicron merupakan tanda bahwa varian itu memiliki ‘genom yang tidak stabil’ yang membuatnya lebih sulit untuk bisa menyebabkan penyakit pada pasien.

“Jika itu benar, kemungkinan besar itu adalah virus yang melemah. Varian itu bisa memiliki transmisi yang baik, namun juga bisa memiliki patogenisitas yang sangat berkurang,” kata Prof Altshtein.

Dikutip dari laman Russia Today, Kamis (2/12/2021), Altshtein menunjukkan fakta bahwa sejauh ini sebagian besar pasien yang diketahui terinfeksi Omicron menunjukkan gejala ringan.

Ini tentu memberikan harapan bahwa varian baru ini kemungkinan memang lebih menular, namun bersifat kurang mematikan dibandingkan varian sebelumnya.

“Itulah mengapa saya percaya tidak ada bahaya besar dalam varian virus ini. Namun itu hipotesis saya, belum terbukti,” jelas Prof Altshtein.

Peneliti menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak waktu untuk mempelajari Omicron dan bagaimana varian itu bisa mempengaruhi semua kelompok populasi, termasuk orang tua.

Sebelumnya, mutasi strain baru yang muncul kali pertama di Afrika Selatan ini telah memicu kekhawatiran diantara para ahli di seluruh dunia.

Namun, ada yang menyampaikan bahwa tidak ada alasan untuk panik dalam menghadapi varian ini

Seorang Ilmuwan Genom dan Ahli Epidemiologi di Universitas Washington dan Pusat Kanker Fred Hutchinson di Seattle, Trevor Bedford mengatakan pada Senin lalu bahwa Omicron tidak memiliki banyak mutasi varian delta yang mematikan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa Omicron berpotensi menjadi lebih kebal vaksin dibandingkan varian sebelumnya.

Namun vaksin yang ada saat ini kemungkinan akan memiliki ‘perlindungan’ terhadap risiko penyakit parah dan kematian.

Saat Omicron terus menyebar, ada lebih banyak negara merekomendasikan pemberian vaksinasi untuk kelompok anak-anak.

Regulator Uni Eropa (UE), yakni European Medicines Agency (EMA) menyetujui penggunaan vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun pada minggu lalu.

Sementara otoritas kesehatan di Rusia mendaftarkan telah Sputnik M, vaksin yang dirancang khusus untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun.

Wakil Kepala Pusat Gamaleya, Denis Logunov mengatakan pada pekan lalu bahwa vaksin Sputnik telah menunjukkan respons kekebalan yang lebih tinggi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa.

Begitu pula Altshtein, yang juga mengatakan bahwa Sputnik M aman untuk anak-anak.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com