JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ini Cara Meningkatkan Produksi Ikan dan Konsumsi Ikan di Sukoharjo, Simpel Ternyata

Penebaran benih ikan di Kaliares Wonogiri. JSNews. Aris Arianto
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkab Sukoharjo memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan produksi ikan. Sekaligus meningkatkan angka konsumsi ikan di tengah masyarakat.

Cara tersebut adalah dengan menebarkan bibit ikan. Ada puluhan ribu bibit ikan disebarkan di aliran sungai Baki di Desa Menuran.

Melansir web resmi Pemkab Sukoharjo, Senin (27/12/2021), Bupati Sukoharjo Etik Suryani, mengajak masyarakat untuk melestarikan ekosistem sungai. Salah satunya dengan terus melestarikan keberadaan ikan yang ada di sungai. Untuk itu, dalam upaya menjaga ekosistem sungai tersebut, Bupati menebar 20 ribu benih ikan di Sungai Baki, khususnya di Desa Menuran Kecamatan Baki, Jumat (24/12/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Bagas Windaryatno, Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, pejabat Forkopimcam Baki, serta Masyarakat Peduli Kali Baki (Masdulkabi). Bupati menyampaikan, tebar benih ikan tersebut antara lain bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan dan juga angka konsumsi ikan masyarakat.

Baca Juga :  Gibran Efek, Jimboeng, Fotografer Asal Sukoharjo Ini Kebanjiran Orderan Foto Bakal Calon Kepala Daerah

“Penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budidaya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan. Penebaran benih ikan dalam rangka menjaga ekosistem dan ketersediaan pangan ikan bagi masyarakat sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein dan peningkatan konsumsi ikan,” jelas Bupati.

Bupati juga mengatakan, saat ini angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah. Untuk itu, diperlukan adanya upaya-upaya peningkatan produksi ikan maupun animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan melalui gerakan Gemar Makan Ikan atau Gemari dengan kelompok sasaran anak usia sekolah, stunting, balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Selama ini, ujar Bupati, berbagai kebijakan sudah dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Sukoharjo. Antara lain pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan, fasilitasi akses permodalan, pelatihan, inovasi dan teknologi bagi pelaku usaha perikanan.

Baca Juga :  Gibran Efek, Jimboeng, Fotografer Asal Sukoharjo Ini Kebanjiran Orderan Foto Bakal Calon Kepala Daerah

“Kegiatan ini saya harap dapat mendorong dan memberikan stimulan kepada pelaku usaha perikanan untuk tetap melakukan budi daya ikan serta menjaga dan meningkatkan jumlah produksi ikan di Kabupaten Sukoharjo. Apa yang dilakukan Masdulkabi ini perlu dicontoh wilayah yang lain,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan bahwa penebaran benih ikan ini tujuannya untuk melestarikan ikan di aliran sungai. Selajn itu, juga dalam upaya menyediakan pangan berupa ikan secara gratis di perairan bagi masyarakat, melalui program perikanan tangkap.

“Benih ikan yang ditebar sebanyak 20 ribu ekor ikan nila. Harapan kami, benih ikan ini bisa menyediakan pangan di perairan bagi masyarakat umum. Sehingga kebutuhan masyarakat akan ikan terpenuhi. Selain itu, juga untuk melestarikan populasi ikan di sungai,” ujar Bagas. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com