JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Lagi, Terjadi Guguran di Merapi Hingga Picu Hujan Abu Tipis di Boyolali Kota

Seorang warga sedang membersihkan mobilnya yang terguyur hujan abu tipis sebagi dampak dari guguran material daari Merapi / foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gunung Merapi kembali mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada Rabu (2/1/2021) pukul 20.00 wib dan pukul 21.04 wib.

Aktivitas tersebut memicu hujan abu tipis di sisi timur Merapi.

“Ya, sempat hujan abu tipis sekali. Namun langsung bersih karena diguyur hujan lebat semalam,” kata Ragil, salah satu warga Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kamis (2/12/2021).

Bahkan, hujan abu tipis juga melanda kawasan Boyolali Kota.

Baca Juga :  Rencana Mau Dipanen Jelang Lebaran, Puluhan Ton Ikan Nila Milik Petani di Waduk Cengklik Malah Mati Mendadak

“Iya, hujan abu tipis pada pukul 21.30. Saya sempat keluar rumah dan melihat kap mobil yang saya parkir di halaman terkena abu. Hanya memang tipis saja,” ujar Anto, warga Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali Kota.

Kepala BPPTKG Jogjakarta, Hanik Humaida mengatakan, dalam aktivitas Merapi kali ini, tercatat di seismogram dengan durasi 3,6 menit dengan amplitudo 62 mm. Material yang dilontarkan mencapai jarak 2,2 kilometer.

Baca Juga :  Geliat Pilkada Mulai Nampak, Baliho Mantan Aspri Jokowi, Devid Agus Yunanto Bertebaran di Boyolali

“Mengarah ke barat daya dengan potensi bahaya arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh 5 kilometer,” ujarnya.

Kemudian, APG kembali terjadi pada pukul 21.04. APG kali ini durasi lebih lama lagi yang mencapai 11,7 menit dengan  amplitudo 41. Jarak luncur material mencapai kurang lebih 3 kilometer ke hulu Kali Bebeng. Waskita

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com