JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral! Wanita Ini Diselingkuhin Bukannya Sedih Tapi Malah Diangkat Jadi Topik Skripsi!

tangkapan layar akun tiktok @atdbp
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Bagi mahasiswa yang sedang menjalani semester akhir tentu diwajibkan menulis skripsi sebagai syarat memenuhi gelar sarjana. Topik yang dipilih pun bebas tergantung mahasiswanya.

Baru-baru ini medio sosial TikTok baru saja dihebohkan oleh seorang wanita yang membuat topik tak biasa. Topik yang ia pilih mengenai perselingkuhan. Yang lebih mengagetkan adalah skripsi tentang perselingkuhan dibuat berdasarkan pengalaman pribadinya.

Setelah ditelusuri lebih jauh, wanita itu bernama Anselma Tesalonika Demosta Beloved Purba atau kerap disapa Tesa oleh teman-temannya. Ia berumur 25 tahun dan berasal dari Selatan.

Skripsi tersebut telah ditulis saat ia masih menjadi mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, Jawa Tengah.

Dalam unggahannya, wanita ini menceritakan bagaimana kisah cinta yang begitu menyedihkan. Ia pun menjelaskan bahwa semasa menjalani hubungan dengan kekasihnya, ia diselingkuhi ketika menjadi mahasiswa.

Namun, cewek ini memutuskan untuk tidak terpuruk karena patah hati. Sebaliknya, ia menjadikan pengalaman pahit diselingkuhi itu untuk bahan skripsinya.

โ€œSiapa yang pernah diselingkuhi tapi malah jadiin pengalamannya topik skripsi? Dipublikasi lagi,” tulisnya dalam unggahan TikTok.

Baca Juga :  Gegara Candaan Kekerasan Seksual, Ivan Gunawan Panen Hujatan dari Netizen

Dalam unggahannya ia juga membeberkan judul skripsi yang berhasil ia kerjakan adalah “Hubungan Antara Kecerdasan Dengan Forgiveness Pada Remaja Yang Putus Cinta Akibat Perselingkuhan”.

Dalam skripsinya, ia berusaha meneliti penyebab seorang remaja memaafkan kekasih yang selingkuh kepada orang lain.

โ€œPutus cinta akibat perselingkuhan merupakan salah satu kasus mengapa remaja sulit untuk memberikan pemaafan pada orang yang telah menyakitinya,” tulis wanita ini dalam sebuah jurnal yang menjadi syarat untuk skripsi.

Perlu diperhatikan bahwa ternyata kecerdasan emosional bagi remaja yang mengalami putus cinta sangat penting. Kecerdasan emosional yang tinggi tentu membuatnya cepat berdamai dengan seseorang yang berbuat salah.
“Maka dari itu, perlu adanya kecerdasan emosi para remaja sebagai upaya melepaskan unforgiveness dan dapat berdamaii dengan orang yang telah menyakitinya,” lanjutnya.

Kemudian, Tesa mengadakan penelitian kepada 137 orang yang pernah mengalami putus cinta. Dari hasil survey tersebut ia menemukan sifat sulit memaafkan saat diselingkuhi sangat berkaitan dengan kecerdasan emosi remaja.
“Sampel penelitian ini sejumlah 137 subjek yang pernah mengalami putus cinta akibat perselingkuhan. Dari hasil analisis data, terdapat hubungan yang signifikan antara forgiveness dengan kecerdasan emosi pada remaja yang putus cinta akibat perselingkuhan,” jelasnya.

Baca Juga :  Gegara Candaan Kekerasan Seksual, Ivan Gunawan Panen Hujatan dari Netizen

Kisah unik ini tentu mengundang perhatian warganet. Tepat berita ini ditulis pada hari Senin, (13/12/2021), unggahan tersebut telah ditonton oleh 525 ribu pengguna TikTok, disukai oleh 59,2 ribu, dan mendapatkan komentar sebanyak 877.

@anselmatesa

walaupun patah hati, harus tetap creative ๐Ÿ˜† #fyp #skripsi #CleanClearConfident

โ™ฌ original sound – alyssa๐Ÿฆ‹

Komentar yang diberikan warganet pun beragam. Kebanyakan warganet pun memberikan komentar yang menggelitik dan kocak.

โ€œanak psikologi kalo sakit hati malah di jadiin topik ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ can relate,โ€ ujar akun @noone.

โ€œkalo taylor swift di bikin lagu, kalo kaka ini di bikin jd topik penelitian๐Ÿ˜ณ,โ€ ujar akun @bella silvia.

โ€œDalam tema diselingkuhin membawa hikmah ya๐Ÿ˜Œ,โ€ ujar akun @Sukanya makan sushi.

โ€œanak psikologi kalo patah hati mah gini wkwkwk
aku juga lagi nyusun proposal skripsi, topiknya sesuai pengalaman sendiri๐Ÿ˜ญ,โ€ ujar akun @u r my friend.

โ€œthe real ambil hikmahnya (๏ฟฃยณ๏ฟฃ),โ€ ujar akun ๐“ช๐“ฒ๐“ญ๐“ช๐Ÿฆ•.

โ€œSERIUSS karya nya membangkitkan dirinya, dan semua orang pembaca.๐Ÿฅฐ,โ€ ujar akun @Mita Angraeni Putri.

Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com