JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

20.000 Bibit Nila dan Patin Ditebar di Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Seperti ini Tujuannya

Bibit ikan
Penebaran bibit ikan di Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sedikitnya 20 ribu bibit ikan nila dan patin ditebar di Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Jumat (21/1/2022).

Penebaran benih ikan itu dilakukan oleh jajaran Kodim 0728/Wonogiri yang bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait seperti Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, PT PP, Dinas Sosial (Dinsos) Wonogiri dan sejumlah pihak lainnya. Termasuk petani karamba Desa Sendang yang telah menyiapkan benih ikan.

Baca Juga :  Puncak Hari Jadi Wonogiri 281, Upacara di Waduk Gajah Mungkur Diiringi Terbang Gantole

Setidaknya, ada 20.000 benih ikan yang ditebar di Waduk Pidekso. Puluhan ribu benih ikan itu berjenis ikan nila dan ikan patin.

“Penebaran benih ikan ini dalam rangka pembinaan ketahanan pangan nasional Kodim 0728/Wonogiri bersama dinas terkait dan komponen masyarakat lainnya,” terang Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Rivan Rembudito Rivai.

Seperti diketahui, Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri pada 28 Desember 2021 lalu telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Waduk itu digadang-gadang multifungsi, misalnya untuk memenuhi irigasi pertanian, sumber air baku hingga pengendalian atau pencegahan banjir hingga pariwisata.

Baca Juga :  Ini Jumlah Calon Jamaah Haji Wonogiri 2022 yang Siap Berangkat ke Tanah Suci

Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri diperkirakan bisa menampung air hingga hingga 25 juta meter kubik, dengan luas genangan 232 hektare. Sementara lahan pertanian yang berpotensi mendapatkan aliran irigasi mencapai 1.500 hektare.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua