JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Arti Menara Piramida Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Setinggi 22 Meter Dapat Apresiasi Langsung Presiden Jokowi

Waduk pidekso
Waduk pidekso Giriwoyo Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Jika tengah berkunjung ke Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri maka sedikitnya ada tiga hal yang menarik perhatian.

Pertama tentu saja bangunan plus tampungan air Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri. Kedua deretan perbukitan Pegunungan Seribu. Lantas ketiga adalah bangunan prisma seperti menara piramida tinggi menjulang di tengah deretan bangunan waduk.

Hal pertama dan kedua tersebut sudah begitu banyak yang memahaminya. Namun hal ketiga soal piramida itu masih tidak sedikit yang bertanya-tanya. Apa sebenarnya piramida itu, apa fungsi dan manfaatnya?.

Menara piramida Waduk Pidekso itu tampak menonjol di antara bangunan lainnya. Bangunan tersebut berbentuk prisma segi empat yang menjulang tinggi.

Project Manager PT PP Bendungan Pidekso, Nur Eko mengungkapkan, bangunan itu merupakan menara piramida yang menjadi ikon Bendungan Pidekso. Mungkin bukan menara terbaik di Indonesia, tapi mendapat apresiasi dari beberapa pejabat.

Baca Juga :  Balon Udara Jatuh di Jatinom Gedong Ngadirojo Wonogiri, Bisa Picu Kebakaran hingga Gangguan Penerbangan

“Termasuk RI 1 (Presiden Jokowi) dengan melihat gestur beliau (saat meresmikan Waduk Pidekso beberapa pekan lalu),” kata Nur, Jumat (7/1/2022).

Menara piramida Waduk Pidekso didirikan setinggi 22 meter dari atas tanah. Menara piramida tersebut dibangun dengan menggabungkan konsep khas Wonogiri, termasuk mengadaptasi bangunan joglo, Tugu Ireng Selogiri dan motif batik pada beberapa ornamennya.

Hal itu terlihat dari ornamen-ornamen yang menghiasi dasar menara menyerupai Tugu Ireng Selogiri. Dindingnya mempunyai ornamen batik warna merah, seperti hiasan dinding di Pasar Kota Wonogiri. Sedangkan lantai dasar menyerupai joglo atau pendapa.

Baca Juga :  Jadwal PSAT dan PSASP hingga Pengumuman Kelulusan SMP Terungkap saat Digelar Sosialisasi Program Kelas 9

Untuk mencapai puncak atau lantai tertinggi, pengunjung harus melewati sekitar enam tangga. Dari lantai tertinggi, pengunjung bisa menyaksikan panorama bentang alam Waduk Pidekso yang dikelilingi Pegunungan Seribu di wilayah Kecamatan Giriwoyo.

Terpisah, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo atau Kepala BBWSBS Agus Rudyanto menjelaskan, pembangunan Menara Piramida Waduk Pidekso ditangani oleh arsitek asal Semarang. Adapun fungsi utama dari bangunan itu adalah untuk memantau wilayah waduk dari ketinggian.

Untuk diketahui, bangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri mulai dikerjakan sejak 2018 dengan total dana sekitar Rp 700 miliar. Semula, pembangunan waduk ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, targetnya dipercepat menjadi Desember 2021. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com