JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Penumpang Bus dari Wonogiri ke Jakarta Mulai Turun Tapi Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru Belum Bisa Dipastikan Kapan Berlalu

Peserta vaksinasi massal di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Jumlah penumpang bus dari Wonogiri menuju Jakarta dan sekitarnya saat ini mulai menurun. Pada awal tahun 2022 per hari jumlah penumpang bus bisa lebih dari 3.000 orang.

Para penumpang itu sebagian besar adalah mereka para perantau yang balik saat momen arus balik momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kendati jumlah penumpang bus sudah menurun arus balik itu belum bisa diprediksi kapan berakhir. Ada kemungkinan, arus balik bisa terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Koordinator Terminal Giri Adipura Wonogiri Agus Hasto Purwanto mengatakan berdasarkan data produkai terminal, jumlah penumpang keberangkatan bus antar kota antar provinsi (AKAP) mulai menurun. Pada Selasa (4/1/2022) ada 2.730 orang penumpang keberangkatan ke kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga :  Terbongkar Sudah Rahasia Menu Timur Tengah Kambing Guling dan Sejenisnya, Tinggal Sesuaikan dengan Lidah Lokal

Jumlah itu turun dibandingkan jumlah penumpang bus keberangkatan sejak 1 Januari. Kala itu jumlah penumpang bus selalu menembus angka 3.000 orang per hari.

“Biasanya kalau hari Selasa jumlah penumpang memang agak turun. Meskipun ada penurunan, masih ada potensi jumlah penumpang keberangkatan kembali naik lagi,” ujar Agus Rabu (5/1/2022).

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi yang didapatnya dari salah satu agen bus, tiket bus AKAP keberangkatan sudah habis dipesan hingga waktu keberangkatan Minggu (9/1). Karena itu, sulit diprediksi pergerakan perantau yang berangkat boro dari terminal tersebut.

Menurut Agus, jumlah penumpang keberangkatan pada Selasa lalu juga cukup banyak. Sebab, menurut dia, jumlah penumpang keberangkatan di hari Selasa di hari biasa tak sampai tembus 2.000 orang.

Baca Juga :  Anak TK Pengin Jadi Anggota Dewan, Diundang PIIAD Wonogiri Sekalian Kartinian, PAP? Ini Loh

“Karena itu kita masih pantau dulu. Sulit diprediksi pergerakannya,” beber Agus.

Agus menambahkan, penumpang yang tercatat di datanya tidak hanya berasal dari Wonogiri saja. Sebagian kecil diantaranya adalah penumpang dari daerah lain seperti dari Kecamatan Bulu dan Nguter Sukoharjo.

“Tapi nggak banyak. Sebagian kecil saja dari luar Wonogiri. Yang banyak memang dari wilayah Wonogiri,” kata dia.

Agus menuturkan, di masa pandemi seperti saat ini, pihak terminal mencoba menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para penumpang diminta untuk selalu mengenakan masker hingga sampai di kota tujuannya. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com