JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Sabar Lur, Boyolali Paling Cepat Bisa Vaksin Booster Bulan Depan

Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, Puji Astuti / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Vaksin booster secara resmi dimulai pemerintah pada Rabu (12/1/2022) ini. Namun, untuk wilayah Kabupaten Boyolali ternyata masih harus menunggu.

“Paling cepat bulan Februari atau Maret nanti, vaksinasi booster atau dosis ketiga baru bisa dilaksanakan,” kata Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti.

Dijelaskan, sebenarnya Boyolali sudah memenuhi syarat untuk vaksinasi booster atau tahap ketiga.

Di mana, capaian vaksinasi Covid-19 di Boyolali sudah memenuhi syarat, yaitu sudah mencapai lebih 70 persen.

“Saat ini, kami masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dari Dinkes Provinsi untuk vaksin booster.”

Baca Juga :  Polres Boyolali Ungkap Kasus Prostitusi di 8 Hotel

Apalagi, Kepala Dinkes Provinsi juga meminta untuk menyelesaikan dulu vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Dimana Dinkes mengejar herd imunity anak-anak.

“Vaksin booster kan untuk penunjang, nanti dilakukan bertahap.”

Selain itu, saat ini Dinkes Boyolali juga tidak memiliki stok vaksin Pfizer dan Moderna. Sebab, kebanyakan masyarakat Boyolali untuk vaksin dosis 1 dan 2 menggunakan vaksin Sinovac. Pihaknya menunggu perintah dari Dinkes Jateng untuk pengambilan vaksin.

“Kalau diminta ambil, ya diambil. Nanti dilakukan, kita petakan mana saja yang akan diberikan dulu vaksinnya.”

Baca Juga :  Jajaran Kejaksaan Negeri Boyolali Bagi-bagi Takjil ke Masyarakat

Nantinya, lanjut dia, vaksin booster bakal diutamakan bagi kelompok masyarakat rentan. Antara lain, lansia dan masyarakat yang memiliki kelemahan.

Di sisi lain, pihaknya juga masih berusaha menuntaskan vaksin dosis pertama bagi anak-anak. Apalagi tenaga kesehatan masih memiliki tugas melaksanakan vaksin BIAS anak-anak.

“Jadi tidak memungkinkan untuk mengejar pelaksanaan vaksin booster. Sabar, ya. Bisa jadi vaksin booster akan dimulai Februari atau Maret mendatang,” ujarnya.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com