JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sudah Petani Susah, Pencurian di Sawah Malah Merajalela. Di Sragen Kota Disel Baru Dipasang Diembat, di Sidoharjo Puluhan Kabel Sibel Digasak Maling

Kondisi Hadi Sukarno, petani sekaligus petugas pengairan di Desa Patihan, Sidoharjo, Sragen yang tewas kesetrum jebakan tikus, Rabu (5/1/2022) malam. Di tengah susahnya petani, aksi pencurian disel dan kabel Sibel di sawah malah merajalela. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSSMARNEWS.COM- Di tengah kondisi pertanian yang dihantui serangan tikus, aksi pencurian di areal persawahan dilaporkan makin marak di wilayah Sragen.

Tak hanya mesin disel, kabel mesin pompa sumur sibel yang terpasang di sawah pun kini jadi incaran maling.

Aksi pencurian salah satunya dilaporkan terjadi di Sragen Kota. Kamis (6/1/2022) pagi, seorang petani bernama Maridi (56) warga Dukuh Gabusan RT 002/001 Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, Sragen melaporkan kehilangan mesin pompa disel di sawahnya.

Mesin merk Honda seharga hampir Rp 2 juta amblas di pagi hari sesaat usai dipasang di sawahnya. Dari keterangan korban ke Polsek, aksi pencurian diketahui sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, Demokrat-Gerindra  Sragen Jalin Koalisi, PDIP-Golkar Makin Mesra

Bermula ketika pukul 05.30 WIB, disel itu dipasang untuk mengairi sawahnya di Dukuh Sungapan, Tangkil.

Setelah dihidupkan, mesin tersebut ditinggal pulang ke rumah. Sekira pukul 10.00 WIB, korban kembali ke sawah untuk mengisi bensin untuk bahan bakar diselnya.

Namun ia mendapati mesin disel itu sudah raib dari tempatnya. Para petani di sekitar sawahnya tak tahu ketika ditanya. Yakin sudah ada pencuri yang menggasak diselnya, korban akhirnya melapor ke Polsek setempat dengan kerugian Rp 2 juta.

Baca Juga :  Brutal! Dua Pemuda Sragen Dikeroyok 20 Orang Bermasker, 3 Pelaku Ditangkap

Kasi Humas Polres Sragen AKP Suwarso membenarkan laporan tersebut. Menurutnya saat ini kasus itu masih dalam penanganan penyidik.

Aksi pencurian juga terjadi di wilayah Desa Patihan, Sidoharjo. Namun sasarannya adalah kabel mesin sibel di sawah.

Kadus Patihan, Pardi menuturkan ada sekitar 20 titik Sibel di wilayah Patihan yang dilaporkan hilang didodos pencuri.

“Warga tidak melapor ke polisi tapi mereka pada mengadu kabel Sibel di sawah dicuri dengan cara dipotong. Kejadiannya beberapa hari terakhir,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com