JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Duh, Dampak Pandemi, Pendaftar Haji di Boyolali Merosot hingga 50 Persen

umroh
ilustrasi
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Ternyata, pandemi Covid-19 tak hanya berimbas pada perekonomian masyarakat. Animo pendaftar haji di Boyolali pun mengalami penurunan.

Tak tanggung- tanggung, penurunannyaย  hingga mencapai 50 persen.

Menurut Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali, Asikin, sebelum pandemi, dalam setahun rata-rata ada tiga ribu pendaftar haji.

Misal, dari data 2019, sebelum adanya pandemi, jumlah pendaftar haji tercatat sebanyak 3.102 orang.

โ€œTahun-tahun sebelumnya juga berkisar tiga ribu,โ€ katanya, Kamis (3/2/2022).

Namun, sejak adanya pandemi, pada 2020 pendaftar haji tercatat hanya sebanyak 1.189 orang. Kemudian 2021 naik sedikit menjadi 1.576 pendaftar. Tak hanya itu, waktu tunggu pelaksanaan ibadah haji juga makin lama.

โ€œAwalnya diperkirakan selama 28 tahun.ย  Namun, selama dua tahun pandemi, Pemerintah Arab Saudi tidak membuka ibadah Haji bagi calon jamaah (Calhaj) asal Indonesia. Sehingga waktu tunggu semakin lama dan mencapai 30 tahun.โ€

Baca Juga :  Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Terima Kedatangan Calon Haji

Terkait biaya haji, diakui masih sama, yakni Rp 25 juta. Pendaftaran haji kini dilayani di Gedung Baru Kemenag Boyolali yang terletak di Jalan Pandanaran, Boyolali Kota.

“Semoga saja tahun ini sudah dibuka untuk haji. Karena belum ada kepastian tahun ini bisa berangkat atau tidak. Kan tergantung Arab Saudi juga, kalau dibuka otomatis kami siap dan calhaj juga siap.โ€

Sedangkan untukย  umrah, dari Boyolali belum ada yang berangkat.

โ€œHanya ada 2-3 orang yang meminta surat rekomendasi untuk pembuatan paspor umrah pada minggu ini. Imbasnya, sejumlah biro umrah mengalami mati suri.โ€

Baca Juga :  Begini Serunya Tradisi Bakda Sapi di Lereng Merapi Dukuh Mlambong,ย  Musuk, Boyolali! Ternak Sapi Diarak Keliling Pedukuhan

Ditambah lagi dengan aturan karantina baik di Indonesia maupun di Arab Saudi. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk waspada pada biro umrah yang nakal. Banyak yang dijanjikan berangkat, tapi tidak jadi-jadi dan lainnya.

โ€œMeskipun di Boyolali tidak ada yang jadi korban, namun, saya minta masyarakat tetap waspada.โ€

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Musta’im Ahmad mengatakan pelaksanaan ibadah umrah telah dimulai Januari lalu. Hal tersebut sesuai arahan dari Kemenag RI.

Pemerintah juga melakukan pembatasan kuota jamaah umrah, yakni 400 orang dari berbagai daerah tiap kloternya.

Setelah kloter pertama sukses, ibadah umrah akan dilanjutkan dengan kuota yang sama. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com