JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gegara Gedebog Pisang Pejabat Tapanuli Utara Rela Jauh-jauh Datang ke Wonogiri

Keripik pelepah pisang karya Sari Noviatsih. Dok. Mamuma
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah pejabat eksekutif dan legislatif Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara berkunjung ke Wonogiri, Selasa (15/2/2022).

Para pejabat dipimpin Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan itu ingin belajar soal inovasi daerah yang berhasil dan maju di Wonogiri. Salah satunya kreasi UMKM berupa pemanfaatan gedebog pisang menjadi makanan bernilai jual tinggi.

Sekda Tapanuli Utara Indra Simaremare mengaku Wonogiri banyak melakukan inovasi sehingga layak ditiru atau dikembangkan di daerah Tapanuli Utara.

“Contoh inovasi yang bagus di sini (Wonogiri) adalah batang pisang bisa diolah menjadi makanan ringan yang enak. Padahal di daerah kami batang pisang atau gedebog hanya dibuang sia-sia karena belum ada inovasi,” ujar Indra.

Baca Juga :  Kesehatan Jiwa hingga Gigi 359 Polisi Wonogiri Diperiksa, Terungkap Sudah Alasannya

Rombongan dari Tapanuli Utara selain tertarik dengan inovasi pembuatan makanan ringan dengan bahan baku pohon pisang mulai dari batang dan bunga pisang atau, disuguhi batik tulis Wonogiren serta beberapa varian kopi khas Wonogiri.

“Wonogiri menjadi daerah kunjungan kami karena prestasi yang membanggakan, yakni sebagai daerah yang meraih penghargaan pemerintah pusat sebagai kabupaten inovasi terbaik kedua tingkat nasional,” tandas Sekda Tapanuli Utara.

Baca Juga :  Uji Coba PSASP SMP Digelar 22-27 April 2024, Akhirnya Terungkap Tujuannya

Bupati Tapanuli Utara bersama Ketua DPRD, Sekda bersama sekitar 22 kepala dinas (OPD) diterima Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Wabup Setyo Sukarno, Ketua DPRD Sriyono, Sekda Haryono dan kalangan eksekutif Wonogiri.

Sekda Wonogiri Haryono didampingi Kadisdukcapil Sungkono menuturkan salah satu program inovasi yang dikunjungi pejabat Tapanuli Utara adalah inovasi Jempol Sakti dari Pemkab Wonogiri khususnya Dispendukcapil.

Dengan terobosan yang dilakukan Wonogiri tersebut pihaknya mendapat apresiasi dan penghargaan pemerintah pusat berupa 1 unit ADM atau Anjunganย Dukcapil Mandiri senilai Rp200 juta. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com