JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Hari Pertama Festival Durian, 15.000 Pengunjung Serbu Desa Gempolan Karanganyar. Hampir 20.000 Durian Ludes Hanya 6 Jam

Ribuan pengunjung memadati lokasi Festival Durian Gempolan Karanganyar di hari pertama, Selasa (1/2/2022). Foto/Beni
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Festival Durian Karanganyar di desa sentra durian Gempolan, Kecamatan Kerjo, Karanganyar sukses menyedot antusias pengunjung.

Tak kurang dari 15.000 orang dari berbagai kota, tumpah ruah menyerbu lokasi festival untuk berburu buah durian asli Gempolan dan Karanganyar.

Tak hanya datang dari lokal Karanganyar, pengunjung membeludak sampai dari luar kota, seperti Sragen, Ngawi, Solo hingga Bandung.

Bahkan saking membeludaknya jalur dan banyaknya pengunjung, sebagian terpaksa balik kanan.

“Alhamdulillah, antusias pengunjung luar biasa. Di luar prediksi kami dan panitia. Total kalau sejak pagi ada sekitar 15.000 orang yang datang. Yang di lokasi festival saja 10.000 orang ada, yang di luar nggak bisa masuk dan sebagian balik kanan ada lah 5000,” ujar Kades Gempolan, Suhardi Jayus, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (1/2/2022).

Kades Gempolan, Suhardi Jayus menunjukkan salah satu durian unggulan dari Gempolan. Foto/Wardoyo

Suhardi menguraikan semula festival dijadwalkan baru dibuka pukul 10.00 WIB dengan dihadiri langsung Bupati Juliyatmono.

Namun ternyata pengunjung sudah mengalir sejak pagi. Bahkan karena banyaknya pengunjung yang sudah berburu durian, terpaksa pedagang membuka transaksi lebih dulu sejak jam 08.00 WIB.

Walhasil, menginjak siang dan pembukaan, banyak dagangan durian yang sudah ludes diborong pengunjung. Ia memperkirakan total hampir 20.000 durian habis terjual hanya 6 jam festival digelar pada hari pertama.

“Omset Alhamdulillah mungkin mencapai Rp 1,5 miliar. Karena selain harga di bawah Rp 50.000, banyak pengunjung yang tak kebagian yang kecil akhirnya memburu yang besar. Jadi siang tadi yang harga Rp 100.000 sampai Rp 150.000 dan besar-besar juga habis. Semua pedagang kehabisan stok. Luar biasa,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com