JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Interupsi Paripurna, Anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah Dorong Pemenuhan Keterwakilan Perempuan 30 % di Parlemen. Bawaslu dan KPU Juga!

Luluk Nur Hamidah. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rapat paripurna masa sidang III DPR RI tahun 2022, Senin (8/2/22) diwarnai interupsi.

Anggota DPR Fraksi PKB Dapil IV Jateng Luluk Nur Hamidah menyampaikan pentingnya mewujudkan keterwakilan perempuan minimal 30 persen di parlemen.

Pengurus Sekretaris Perempuan Parlemen Indonesia ada banyak hal yang mendorongnya menekankan pemenuhan kuota 30 persen perempuan.

Sebab hal itu dinilai sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang menciptakan keterwakilan perempuan untuk duduk di DPR sebesar 50 persen pada tahun 2030 mendatang.

Baca Juga :  Warga PSHT Tewas Diduga Ditabrak dari Belakang. Ditemukan Bersimbah Darah

“Dalam pertemuan Indonesia mendapat catatan karena sampai saat ini keterwakilan perempuan di parlemen belum memenuhi minimal angka kritis yang seharusnya bisa diwujudkan. Yaitu 30 persen,” kata Luluk saat interupsi.

Luluk menyebut ada dorongan dan juga komitmen dari komunitas internasional bagi pemerintah Indonesia untuk mewujudkan keterwakilan perempuan 50 % di parlemen.

Politikus asal PKB itu pun meminta Pimpinan DPR agar memberi atensi terhadap keterwakilan perempuan pada penyelenggara Pemilu.

Baca Juga :  Puncak Panen Durian Desa Gempolan, Kerjo, Karanganyar Jatuh Bulan Februari, Bisa Pilih Dan Makan Sepuasnya

Dia menyebut harus ada keterwakilan perempuan pada anggota KPU dan Bawaslu minimal 30 persen mulai dari pusat hingga daerah.

“Selain penguatan peran partai politik, saat ini sudah seharusnya kita memberikan atensi pada penyelenggaraan pemilu itu sendiri. Representasi minimal 30 persen pada penyelenggara pemilu, baik KPU dan Bawaslu di semua tingkatan juga merupakan sebuah keniscayaan,” katanya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com