JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kafein dan Nikotin Dapat Sebabkan Vertigo Kambuh, Begini Penjelasannya

Ilustrasi secangkir kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Minum kopi sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidup bagi sebagian orang. Minum kopi bermanfaat untuk mencegah kantuk, karena mengandung kafein.

Nampaknya bagi seseorang yang memiliki penyakit vertigo, perlu mulai mengendalikan konsumsi kopi. Mengutip Livestrong, bahwa lemak jenuh, alkohol, tembakau, dan kafein bisa memperburuk gejala penyebab vertigo juga memperlambat proses pemulihannya. Oleh karena ini seorang penderita vertigo perlu membatasi mengkonsumsi kafein.

Minum kopi tidak menyebabkan vertigo, tetapi jika diminum secara berlebihan dapat menyebabkan vertigo kambuh untuk orang yang memiliki riwayat itu.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Mengutip Create Adaptable Life, mengonsumsi kafein dalam jumlah yang sedikit juga rentan menyebabkan vertigo kambuh. Kandungan kafein kopi menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Keadaan ini akan mempengaruhi otak.

Selain kafein, nikotin pada rokok juga memiliki efek yang sama. Nikotin juga menghambat pemulihan rongga tengah labirin telinga (vestibula). Kondisi itu bisa mengakibatkan terjadinya vertigo. Oleh karena itu penderita vertigo sebaiknya tidak merokok.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Spesialis penyakit dalam Emory University, Nayana Ambardekar menjelaskan, vertigo sering disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan di bagian dalam telinga. Gejalanya telinga akan berdenging terdapat masalah di saraf vestibular yang mengendalikan keseimbangan. Ketika kepala bergerak, kemudian terasa sensasi berputar tiba-tiba itu menandakan gejala vertigo.

Vertigo dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perifer dan sentral. Vertigo perifer atau benign positional vertigo (BPV) akan menimbulkan sensasi berputar tiba-tiba dalam kepala.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com