JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Makin Ramai, Kursi DPRD Sragen Bakal Tambah Jadi 50. Simak Proyeksi Terbaru Sebaran Dapil Pileg 2024 dan Tambahan 5 Kursi Versi KPU!

Komisioner KPU Sragen, Suwarsono (kiri) dan Muhsin (kanan). Foto kolase/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Persaingan di Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Sragen 2024 diperkirakan makin sengit.

Ini menyusul potensi penambahan 5 kursi di DPRD Sragen pada pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih wakil rakyat tersebut.

Tambahan 5 kursi terjadi lantaran data terbaru mencatat jumlah penduduk Bumi Sukowati dilaporkan sudah melampaui angka 1 juta jiwa per semester 2021.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sragen, Muhsin mengatakan proyeksi tambahan kursi itu mengacu pada UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Berdasarkan pasal 191 UU tersebut, jumlah kursi DPRD kabupaten/kota berjumlah paling sedikit 20 sampai 55 kursi.

Baca Juga :  Terungkap, Ada Noda Darah Misterius di Sprei Kasur Kamar Nyonya Sambo. Darah Siapa Gerangan?

Untuk daerah yang berpenduduk 500.000 sampai 1 juta, jumlah kursi DPRD adalah 45. Kemudian jumlah penduduk antara 1 juta sampai 3 juta, jumlah kursi di DPRD adalah 50 kursi.

“Mengacu perkembangan terakhir jumlah penduduk di Sragen, berdasarkan DKB (data konsolidasi bersih) semester 1 tahun 2021 versi Dispendukcatpil, penduduk Sragen sudah berjumlah 1.005.566 jiwa. Sehingga jumlah kursi di Pileg 2024 berpotensi tambah 5 jadi 50 kursi,” paparnya didampingi Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Internal, Suwarsono ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/2/2022).

Muhsin menguraikan terkait proyeksi penambahan kursi itu, KPU sudah menggelar rapat membahas simulasi peta daerah pemilihan (Dapil) dan proyeksi sebaran tambahan kursi.

Baca Juga :  Sragen Raih Penghargaan Meritokrasi, Wakil KASN: Jangan Ada Riwayat dengan Bos!

Dari rapat yang digelar merumuskan jumlah Dapil berpotensi tetap yakni 6 Dapil. Pun dengan sebaran jumlah kecamatan per dapil tidak berubah.

Dapil 1 masih dihuni Kecamatan Sragen, Masaran, Sidoharjo. Dapil 2 meliputi Kecamatan Plupuh, Gemolong, Kalijambe. Dapil 3 mencakup Miri, Tanon, Sumberlawang.

Dapil 4 mencakup Gesi, Tangen, Sukodono, Mondokan, Jenar. Dapil 5 ada Sambungmacan, Gondang, Sambirejo. Serta Dapil terakhir yakni 6 dihuni oleh kecamatan Kedawung, Karangmalang dan Ngrampal.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com