JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Efek Domino Permasalahan Minyak Goreng, Distribusi Tidak Merata, Ada Pedagang Dianakemaskan hingga Masyarakat Tetap Memburu Meskipun Harga Melonjak

Minyak goreng
Pemantauan minyak goreng di Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Begini efek domino permasalahan minyak goreng yang memang ruwet.

Mulai dari distribusi minyak goreng tidak merata, kemudian ada pedagang dianakemaskan dan ada yang tidak kebagian stok.

Selanjutnya berefek pada harga jual minyak goreng yang melonjak, kendati demikian konsumen tetap memburunya.

Ketika dimintai tanggapan terkait distribusi minyak goreng tidak merata dan soal adanya pedagang yang dianakemaskan oleh distributor atau agen minyak goreng, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Wonogiri Wahyu Widayati mengatakan tidak mengetahuinya.

Pasalnya distributor minyak goreng siapa saja dan ada berapa jumlah pastinya belum diketahui.

Sementara itu, pihaknya berusaha untuk menjaga ketersediaan minyak goreng, baik kepada pedagang maupun kepada masyarakat langsung.

Baca Juga :  Horee! Kades di Wonogiri Dapat Motor Baru, Jenis Bebek Metik atau Malah Trail yah?

“Kita gandeng Bulog di Solo. Kita sudah koordinasi dengan Bulog disini (Wonogiri), tapi diarahkan ke Bulog Solo lalu kita bersurat dan di acc. Kemarin sudah kita lakukan operasi pasar minyak goreng di lima kecamatan dan lanjut lagi besok lima kecamatan,” terang dia, Minggu (13/3/2022).

Operasi pasar minyak goreng yang menggandeng Bulog itu bakal menyasar masyarakat yang dinilai membutuhkan.

Misalnya adalah pedagang kaki lima atau masyarakat yang perlu dibantu yang dipilih dari pihak kecamatan, tiap kecamatan dijatah 1.500 liter minyak goreng.

“Kita upayakan barangnya supaya ada. Untuk distribusi kita koordinasikan dengan kecamatan dan atas arahan pimpinan,” kata Wahyu.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas di provinsi dan berhasil menggandeng salah satu distributor minyak goreng untuk menyediakan minyak goreng untuk pedagang. 3.600 liter minyak goreng berhasil disalurkan ke Pasar Kota Wonogiri.

Baca Juga :  1 Tewas Kecelakaan di Sambi Ketos Paranggupito Wonogiri, Tak Kuat Menanjak Serkel Masuk Jurang 25 Meter

“Kita berharap nanti bisa berkelanjutan. Kita coba koordinasi juga beberapa distributor lain,” ujar Wahyu.

Di lain sisi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Jatiroto juga menggelar pengecekan ketersediaan minyak goreng di beberapa kios atau toko yang menjual minyak goreng di wilayah itu Minggu (13/2).

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sunarsono mengatakan selain mengecek ketersediaan minyak goreng, petugas juga memberikan himbauan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua