JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini 5 Provinsi yang Jumlah Kasus Covid-19-nya Masih Meningkat

dr.Siti Nadia Tirmizi, juru bicara Kemenkes | sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sampai sejauh ini, masih ada lima provinsi di Indonesia yang masih menunjukkan peningkatan kasus Covid-19. Sementara itu, provinsi lainnya rata-rata sudah mengalami penurunan kasus.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi daring, Sabtu (12/3/2022).

“Provinsi yang masih terjadi peningkatan tertentu seperti Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Aceh. Jadi hampir sebagian besar ini berada di luar Jawa Bali,” ungkap Nadia.

Melihat faktor lain, positivity rate hingga tingkat perawatan dirumah sakit dan laju penularan juga sudah turun. Secara nasional laju penularan masih diatas 1 tapi di beberapa daerah di Jawa Bali kurang dari 1 hanya 0,96 atau 0,98.

Baca Juga :  1 Jam Rosan Roeslani Bertemu Pratikno, Membahas Susunan Kabinet untuk Pemerintahan Prabowo?

 

“Artinya melihat kondisi seperti ini kita sudah bisa mengatakan peningkatan kasus yang terjadi ini, sudah bisa kita kendalikan,” ungkap Nadia, seperti dilansir dari Republika.

Dia mengatakan, penanganan memang belum selesai. Kasus harian di Indonesia pernah pada 200 dan 250 per hari dengan angka kematian tidak lebih dari 20 orang.

Oleh sebab itu menurut Nadia,  Kemenkes berkeinginan untuk menurunkan kasus serendah mungkin.

“Itu yang ingin kita capai dalam rangka menyiapkan kita dalam kondisi pengendalian pandemi,” sambung Nadia.

Laju penularan, jelas Nadia, harus dipertahankan di angka kurang dari satu, sebab dapat memastikan dengan benar penularan di level yang sangat rendah.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Nadia memaparkan, angka kasus Covid-19 sudah turun ke level 16.110 pada Jumat (11/3/2022), yang sebelumnya berada di level 21.311 pada Kamis (10/3/2022).

Sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi, angka kesembuhan juga naik dari 38.399 menjadi 39.212. Kasus aktif juga sudah turun dari 399.853 menjadi 376.461 pada Jumat (11/3/2022).

Oleh karena itu, keterisian di rumah sakit juga ikut turun dari 26 persen menjadi 24 persen.

“Kasus harian memang sudah terjadi tren penurunan, kita bisa lihat bahwa selama lebih dari 15 hari tren penurunan ini terjadi terutama di Jawa Bali, dan di luar Jawa Bali pun sudah terjadi penurunan kasus,” katanya. Selvia Safitri

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com