JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Sama-sama untuk Menggoreng, Ini 6 Perbedaan Minyak Goreng Sawit dan Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak goreng. Foto/JSnews
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia. Saat ini minyak goreng kemasan tengah menjadi perbincangan masyarakat karena harganya yang melonjak.

Ada berbagai macam jenis minyak goreng, di antaranya adalah minyak goreng sawit dan minyak kelapa, dua jenis minyak ini banyak digunakan di Indonesia.

Seperti namanya, minyak sawit diekstrak dari buah sawit, sedangkan minyak kelapa diperoleh dari buah kelapa yang sudah matang.

Selain perbedaan bahan bakunya, berikut 6 hal yang membedakan minyak sawit dan minyak kelapa :

Kandungan kalori

Melansir Livestrong, minyak sawit dan minyak kelapa memiliki kandungan energi yang tinggi. Satu sendok makan minyak sawit mengandung 120 kalori, sedangkan satu sendok makan minyak kelapa mengandung 117 kalori. Kedua jenis minyak tersebut mengandung 13,6 gram lemak per sendok makan dan tidak mengandung protein atau karbohidrat.

Kandungan lemak jenuh

Lebih dari 90 persen kandungan lemak pada minyak kelapa adalah lemak jenuh. Sementara rasio lemak jenuh dan lemak tak jenuh pada minyak sawit adalah satu banding satu. American Heart Association merekomendasikan untuk meminimalkan konsumsi lemak jenuh karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan meningkatkan risiko penyakit kadiovaskular.

Vitamin E

Minyak sawit adalah sumber vitamin E yang baik. Dalam satu sendok minyak sawit, terdapat 2,17 miligram bentuk vitamin E yang disebut alpha-tocopherol. Jumlah tersebut cukup besar mengingat konsumsi harian yang dianjurkan hanya 15 mikrogram. Sementara minyak kelapa hanya memiliki 0,01 miligram vitamin E per sendok makan.

Kedua minyak tersebut hanya mengandung sejumlah makronutrien lainnya. Baik minyak sawit ataupun minyak kelapa juga tidak mengandung natrium.

Negara yang mengonsumsinya

Dilansir dari laman Difference Between, minyak sawit banyak diminati di Afrika, Amerika, serta beberapa negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, India, dan Cina. Sementara minyak kelapa banyak diminati di negara India, Sri Lanka, Thailand, dan Filipina.

Rasa

Mengutip laman FoodStruct, minyak sawit memiliki rasa yang manis, mirip seperti rasa wortel. Sementara minyak kelapa memiliki rasa yang berbeda-beda bergantung pada jenisnya. Minyak kelapa yang tidak dimurnikan memiliki rasa kelapa, sedangkan minyak kelapa yang dimurnikan memiliki rasa yang lebih netral.

Mineral

Minyak sawit dan minyak kelapa hanya mengandung sejumlah kecil mineral. Akan tetapi, minyak kelapa mengandung zat besi dan kolin yang lebih besar daripada minyak sawit. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung sejumlah kecil seng, sementara minyak sawit tidak.

Itulah 6 perbedaan minyak goreng sawit dan minyak kelapa. Terlepas dari kandungan nutrisi kedua jenis minyak tersebut, terlalu banyak mengonsumsi minyak goreng juga tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih dan mengonsumsinya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com