JOGLOSEMARNEWS.COM Video

Tradisi Unik, 4 Pasang Pengantin Mandi Bareng Seusai Ijab. Ayam Ingkung Dihias jadi Mahar

JOGJA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Teriakan keseruan dan canda tawa menghias sekitar Joglo Pring Waroeng Ndesso, Pajangan, Bantul, tempat dihelatnya Nikah Bareng Nusantara, Destinasi wisata Prokes Selasa (22/03/2022) kemarin pagi.

Tampak empat pasang pengantin mengenakan empat busana pengantin beragam yakni dari Yogyakarta, Bali, Sunda dan konsep modern. Mereka asyik berbasah ria usai menjalani ijab qobul.

Para pengantin pria mengguyur pengantin perempuannya masing-masing dengan kendi yang dipegangnya. Setelah basah, gantian pengantin perempuan yang memandikan pasangannya.

Sementara dari sudut tak tentu, para pemuda menyemprotkan air pakai selang tak kalah semangat. Alhasil riasan mereka akhirnya luntur tak karuan.

Itulah pemandangan yang cukup menghibur dalam gelaran Nikah Bareng Nusantara yang digelar oleh Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon Bantul bekerjasama dengan sejumlah pihak termasuk paguyuban Rias Srikandi, Paguyuban Pranatacara Yogyakarta (PPY).

Kegiatan yang menjadi persembahan 16 tahun Nikah Bareng ini pun memfasilitasi para pengantinnya secara gratis serta mahar yang terbilang unik yakni Ayam ingkung Jawa dan alat sholat.

Kali ini, para pengantin yang mengikuti Nikah Bareng tidak hanya berasal dari Bantul, namun ada Sleman, Kulonprogo bahkan Jawa Barat.

Keanekaragaman juga terpancar dari usia para pengantin yang beragam. Ada pasangan Siti Handayani (40) Kasihan Bantul -Wahyudi (44) Wates Kulon Progo, Parti Supartini (53) Kasihan Bantul-Kasidi (63) Pajangan Bantul, Rofiatun Darojah (50) Tempel, Sleman-Budiono (52) Karangampel, Indramayu, Jawa Barat, Siti Kholifah (36) Pajangan Bantul-Sukirman (54) Pajangan Bantul.

Ayam Ingkung Jawa dipilih sebagai mahar dalam Nikah Bareng tersebut, menurut Ketua Fortais Sewon Bantul dan Nikah Bareng Nasional Ryan Budi Nuryanto, mengandung filosofi arti dalam Bahasa Jawa Kuno Manekung.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com