JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cara Sembuhkan Sariawan dengan Cepat

Ilustrasi bibir sariawan. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Sariawan sering timbul pada saat musim pancaroba. Sariawan merupakan lesi atau bisul kecil yang terjadi pada jaringan lunak yang ada dalam mulut atau gusi, seperti dikutip dari Mayoclinic.com

Sariawan merupakan penyakit tidak menular, meski begitu selain terasa menyakitkan sariawan juga dapat menyebabkan kesulitan bicara dan makan.

Pada umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam satu hingga dua pekan. Tetapi apabila sariawan tidak segera sembuh dan semakin parah dalam kurun waktu tersebut sebaiknya penderita sariawan memeriksakan diri ke dokter gigi.

Baca Juga :  Sederet Manfaaf Kelor, Stabilkan Gula Darah sampai Lindungi dari Alergi

Jenis Sariawan

Sariawan sendiri memiliki beberapa jenis yaitu, sariawan minor atau ringan, sariawan besar atau mayor, dan sariawan herpetiform. Sariawan ringan biasanya berukuran kecil, berbentuk oval dan pinggirannya merah. Sariawan jenis ini dapat sembuh tanpa bekas luka.

Selanjutnya, ukuran dari sariawan mayor lebih besar dari sariawan ringan dan terasa sangat sakit. Bentuknya juga bulat, namun jika sudah terlalu besar tepiannya menjadi tidak beraturan. Untuk penyembuhannya juga memakan waktu yang lebih lama hingga enam minggu dan dapat meninggalkan bekas.

Baca Juga :  Sederet Makanan Enak Ini Jadi Sumber Utama Penghasil Vitamin B12

Sedangkan sariawan herpetiformis ini jarang terjadi, meskipun sekilas namanya seperti herpes, sariawan ini tidak disebabkan oleh infeksi virus herpes.

Ukurannya juga beragam, ada yang kecil dan besar terkadang yang berukuran kecil bergabung menjadi satu dan pinggiran lukanya tidak beraturan. Sariawan herpetiformis ini dapat sembuh dalam kurun waktu satu hingga dua minggu tanpa bekas luka.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com