JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Cerita di Balik Penemuan Kura-Kura Raksasa di Kedung Jati Sragen. Penangkapnya Mengaku Sempat Merinding, Mengira Bulus Jadi-Jadian

Penampakan bulus atau kura-kura raksasa yang ditangkap warga Gading Tanon saat muncul di Kedung Jati, Sumberlawang. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penemuan bulus atau kura-kura raksasa di Kedung Sungai Jati, Sumberlawang oleh Kasno (38) warga Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen, menyisakan cerita menarik.

Sebelum menangkap, pria yang sehari-hari berprofesi mencari ikan di sungai itu mengaku sempat merinding.

Pasalnya selain ukurannya yang tidak wajar (terlalu besar), kemunculan hewan reptil yang mendadak di Kedung itu juga sempat menimbulkan tanda tanya di benak Kasno.

Bahkan, ia mengaku sempat tak percaya dan merinding saat kali pertama melihat hewan itu muncul di permukaan aliran sungai Jati yang merupakan perbatasan Desa Gading dan Jati Sumberlawang.

“Iya, awalnya saya sempat merinding dan kaget. Karena seumur-umur nyari ikan di sungai, belum pernah lihat hewan sebesar itu. Baru kali ini lihat bulus di sungai dan ukurannya sangat besar. Saya kira bulus jadi-jadian,” ujar Kasno kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (7/4/2022).

Melihat hewan yang tak wajar itu, Kasno sempat dilanda kegalauan. Antara percaya dan tak percaya.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

Terlebih lokasi kemunculan di Kedung yang dikenal berkedalaman lebih dari 3 meter, membuat bulus itu sempat dikira jadi-jadian.

Setelah memastikan hewan tersebut benar- benar bulus dan bukan hewan jadi jadian, Kasno baru kemudian mengambil tali untuk melakukan evakuasi.

“Saya ikat dengan tali lalu saya tarik ke tepi sungai dan saya amankan. Setelah itu saya amati dan baru lega ternyata memang bukan bulus jadi- jadian,” terang Kasno.

Kasno, warga Desa Gading, Tanon Sragen saat memeluk hewan kura-kura atau bulus raksasa yang berhasil ia tangkap saat muncul di Kedung Sungai Jati, Rabu (6/4/2022). Foto/Wardoyo

Hewan reptil raksasa itu ditemukan Kasno saat sedang mencari ikan di sungai Jati, Sumberlawang yang merupakan anak sungai Bengawan Solo, Rabu (6/4/2022) sore.

Saat diukur, Bulus raksasa itu memiliki berat 11,5 kilogram dengan ukuran badan sekitar 40 x 55 sentimeter.

Saat berbincang dengan JOGLOSEMARNEWS.COM , Kasno menceritakan bulus atau kura-kura raksasa itu ditemukannya saat berada di dekat Kedung atau bagian sungai paling dalam.

Awalnya ia ke sungai mencari ikan gabus untuk lauk. Ia berangkat dari rumah bakda ashar atau sekitar pukul 15.30 WIB.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Saat melintas di dekat Kedung di aliran sungai Jati, mendadak pandangannya tertuju pada sesosok benda seperti tameng yang bergerak-gerak di dekat tepian.

Alangkah terkejutnya, saat didekati ternyata sosok itu adalah seekor bulus berukuran besar.

“Awalnya saya pas lewat sungai mau nyari ikan kutuk (gabus). Nah saat nunggu ikan kutuk muncul dari kedung atau sungai, tiba-tiba muncul bulus atau labi-labi itu. Munculnya pas di depan saya,” paparnya.

Karena berukuran sangat besar, Kasno sempat memutar otak mencari data untuk menangkapnya.

Akhirnya dengan bantuan tali, bulus raksasa itu akhirnya berhasil ia tangkap. Selanjutnya hewan itu dibawanya pulang dengan menggunakan karung.

Setiba di rumah, bulus itu langsung membuat geger hingga warga berdatangan penasaran untuk menyaksikan.

Tak ayal, rumah Kasno mendadak langsung dipenuhi warga yang ingin melihat dari dekat. Ia mengaku sementara hewan itu akan dirawat di rumahnya terlebih dahulu.

Nantinya baru akan dilepaskan kembali ke habitatnya. Wardoyo

.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com