JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Harga Cabai Tinggal 25 Ribu Perkilo, Diduga Hal ini yang Menjadi Penyebabnya

Tabulampot
Tarmin memetik cabai di dak atap rumah kostnya. Dok. Pribadi
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sudah menjadi hal wajar terjadi kenaikan harga komoditi menjelang lebaran. Namun tidak demikian dengan komoditi satu ini yang justru turun harganya.

Adalah harga cabai yang mengalami penurunan, setidaknya jika dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya yang sempat menyentuh ratusan ribu rupiah perkilogram.

Kepala Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri Wahyu Widayati menyebutkan, harga-harga sejumlah komoditi tidak mengalami lonjakan yang berarti.

Beberapa komoditi bahkan mengalami penurunan harga. Salah satunya harga cabai rawit hanya sekitar Rp 25.000 per kilogram.

“Beda dengan yang dulu (harga cabai rawit) sampai Rp 150.000 per kilogram. Mungkin karena cuaca tidak begitu ekstrim sehingga baik untuk panen cabai,” kata Kepala Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri Wahyu Widayati baru baru ini.

Baca Juga :  Spirit Sekolah Kuncara, Menggema saat Halalbihalal di Girimarto Wonogiri

Sedangkan harga bawang merah berkisar Rp 30.000 per kilogram. Harga kedelai impor juga stagnan pada harga Rp 13.000 per kilogram dan harga kedelai lokal hanya Rp 10.000 per kilogram.

Lebih lanjut Kepala Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri Wahyu Widayati mengatakan, ketersediaan elpiji di Wonogiri aman terkendali karena kuota tahun ini ditambah sekitar 4,7% dari tahun 2021 lalu.

Dia menerangkan, kuota elpijiWonogiri tahun 2021 lalu sebanyak 26.727 metrik ton atau setara 8.909.000 tabung berukuran tiga kilogram. Sementara kuota elpiji bersubsidi tahun 2022 ini sebanyak 27.927 metrik ton atau setara 9.309.000 tabung berukuran tiga kilogram.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

“Penambahan kuota tahunan sudah ditetapkan sejak awal tahun. Kapan penambahan elpiji akan dilakukan, menyesuaikan situasi. Kita fleksibel saja. Pertamina yang bertugas membagi bulan ini berapa,” beber dia.

Jika menjelang Lebaran 2022 mendatang ada kenaikan kebutuhan yang signifikan sehingga terjadi kekurangan di masyarakat, pihaknya segera berkoordinasi dengan Pertamina. Wahyu mengaku sudah berkomunikasi dengan Pertamina. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com