JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Indonesia Melandai, 2 Varian Omicron Melonjak Lagi di AS

Varian omicron. pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Berbeda dari Indonesia yang kondisinya sudah melandai, di AS justru tengah terjadi lonjakan kasus varian Omicron.

Pejabat kesehatan di New York mengatakan, dua varian omicron baru menyebar dengan cepat di negara bagian tersebut pada Rabu (13/4/2022).

Varian tersebut tampaknya menyebabkan lonjakan kecil dalam kasus-kasus di negara bagian New York tengah.

Dua varian beru tersebut dikenal sebagai BA.2.12 dan BA.2.12.1, dan terkait erat dengan varian BA.2 – versi omicron yang telah menyebabkan lonjakan di seluruh Eropa dan sekarang dominan di seluruh AS.

Bersama-sama, dua varian baru itu kini meliputi 90 persen kasus di pusat kota New York, sebagaimana dilaporkan NPR, 14 April 2022.

Tapi salah satu varian, BA.2.12.1, mengandung mutasi yang tampaknya memberi keuntungan pada varian itu, tulis ahli biologi komputasi Cornelius Roemer di Twitter.

Mutasi itu berada pada bagian virus yang mengikat sel manusia. Pada varian sebelumnya, mutasi ini telah membantu virus menginfeksi sel, studi telah menemukan.

Varian BA.2.12. tampaknya memiliki keunggulan pertumbuhan sekitar 30 persen hingga 90 persen per minggu dibandingkan BA.2, menurut perkiraan Roemer.

“Sepertinya varian ini memiliki keunggulan… Varian ini tentu saja berkembang pesat di beberapa tempat,” tulis ahli epidemiologi William Hanage, di Universitas Harvard, dalam email ke NPR.

Menurutnya, beberapa mutasi varian dapat membantu virus menghindari sistem kekebalan.

Akan tetapi, ini adalah hari-hari awal untuk virus tersebut. Para ilmuwan telah mendeteksi varian itu  di enam negara, termasuk Kanada, Inggris, Australia, Israel dan Luksemburg, tetapi sebagian besar kasus ada di AS.

Virus itu terlokalisasi terutama di pusat kota New York.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua