JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Daftar 6 Obyek Wisata Eksotis nan Keren di Wonogiri, Cocok Buat Healing di Libur Lebaran

Pilot gantole mengudara di atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Alhamdulillah, akhirnya boleh mudik pada Lebaran 2022 tahun ini, bisa berjumpa dengan sanak keluarga di kampung sekaligus healing ke obyek wisata andalan daerah setempat.

Berbicara soal daerah tujuan pemudik, Wonogiri tidak bisa dihapus dari daftar panjangnya, hal ini semakin komplit mengingat daerah ujung tenggara Jateng itu menjadi gudangnya obyek wisata eksotis nan keren.

Dengan mengunjungi obyek wisata, terlebih yang menyajikan eksotisme bentang alamnya dijamin bisa menjadi sarana relaksasi bagi badan, bisa healing. Ketika mata terpesona keagungan Tuhan, hati tenang pikiranpun jadi fresh lagi.

Namun satu yang pasti, lantaran masih dalam suasana pageblug alias pandemi Covid-19, penerapan protokol kesehatan mesti ketat. Tak hanya berlaku bagi pengelola, namun juga untuk para pengunjung tentunya.

Nah, kali ini JOGLOSEMARNEWS.COM mengulas sejumlah destinasi wisata di Kota Mete Wonogiri yang cocok buat menghabiskan libur lebaran para sedulur pemudik.

Terletak di wilayah perbatasan Jateng-DIY-Jatim-Samudra Hindia, Wonogiri menawarkan banyak lokasi plesiran nan menarik. Tersaji sangat komplit, mulai dari wisata pantai, wisata air tawar, pegunungan, sampai wisata buatan.

Pun lokasinya sebagian besar terjangkau oleh kendaraan, kendati jarak dengan kota terbilang jauh dan menguras tenaga. Namun capek lelah bakal terobati ketika sudah sampai lokasi. Eksotisme bentang alamnya akan menghipnotis pengunjung hingga membangkitkan energi kembali.

Langsung saja, ini dia 6 destinasi wisata yang berada di Wonogiri.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri
Museum karst Indonesia
Pengunjung melihat patung manusia purba di Museum karst Indonesia Wonogiri. Foto diambil sebelum pandemi COVID-19. Dok. Humas Pemkab Wonogiri

1. Museum Karst Indonesia Pracimantoro

Museum Karst Indonesia berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro. Sekitar 40 kilometer arah barat daya kota Wonogiri. Lokasinya di lembah Bengawan Solo Purba dan dikelilingi tujuh gua karst.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Wonogiri Haryanto, menyebutkan, museum ini semacam membuktikan bahwa Wonogiri merupakan kawasan karst dan termasuk dalam Gunungsewu Global Geopark Network. Sebut saja diorama kehidupan manusia purba, contoh bebatuan karst, dan proses terbentuknya karst.

Pantai Nampu
Pantai Nampu di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Foto : istimewa

2. Pantai Nampu Paranggupito

Pantai Nampu ada di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, sekitar 75 kilometer arah selatan kota Wonogiri. Debur ombak Samudra Indonesia bertemu hamparan pasir putih dan tebing terjal perbukitan karst, nan elok dipandang mata. Ditambah rimbunnya tanaman pandan duri yang berada di samping kanan dan kiri tangga menuruni tebing menuju pesisir.

Kala itu, Camat Paranggupito Sulistyani menerangkan Pantai Nampu ini dilindungi tebing cukup tinggi. Ada tugu penanda batas antara wilayah Wonogiri dan Pacitan Jatim di pantai ini.

Seorang warga menikmati panorama memukau Pantai Sembukan Paranggupito Wonogiri. JSNews. Aris Arianto

3. Pantai Sembukan Paranggupito

Pantai Sembukan berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito. Pantai Sembukan juga sering menjadi lokasi pelaksanaan ritual masyarakat adat. Misalnya larung sesaji ketika bulan Suro.

Haryanto menyebutkan, tempat parkir cukup luas, fasilitas seperti toilet, rumah makan, dan tempat ibadah lengkap. Hanya beberapa menit dari Kantor Kecamatan Paranggupito.

Seorang pemancing beraktifitas di dermaga WGM Wonogiri. Aria Arianto

4. Waduk Gajah Mungkur

Berbicara mengenai Wonogiri tidak afdol jika tidak menyebut Waduk Gajah Mungkur. Waduk yang pernah menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara itu sangat mudah dijangkau. Dari pusat kota Wonogiri tidak sampai menempuh perjalanan 10 kilometer.

Baca Juga :  Di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Terungkap Sederet Manfaat Safari Ramadhan

Sejumlah wahana permainan menjadi primadona pengunjung. Seperti taman satwa, perahu wisata, omah jungkir, kampung galau, panggung hiburan, dan waterboom.

Air Terjun Setren
Air Terjun Setren Girimanik. Dok. Humas Pemkab Wonogiri

5. Air Terjun Setren Girimanik Slogohimo

Air terjun ini ada di lereng selatan Gunung Lawu. Air terjun Girimanik di Desa Setren, Kecamatan Girimarto. Berjarak sekitar 50 kilometer arah timur laut Kota Wonogiri.

Menurut Haryanto, ketika melewati jalur menuju air terjun, kita disuguhi pemandangan khas pegunungan. Ada aliran sungai, hamparan sawah, hingga hijaunya sayuran yang dibudidayakan warga setempat.

Pilot gantole mengudara di atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

6. Landasan Pacu Gantole Puncak Joglo Wonogiri

Bagi anda pecinta olahraga pemacu adrenalin, puncak Joglo Desa Sendang Kecamatan Wonogiri cocok dipilih. Di tempat ini kita bisa melihat Waduk Gajah Mungkur dari atas sambil menikmati sensasi terbang dengan gantole.

Belum bisa naik gantole? Tenang pengelola di sana menyediakan jasa terbang tandem bersama instruktur, sangat profesional dan terlatih.

“Daerah ini memiliki thermal atau udara panas tergolong tinggi. Sangat pas untuk olahraga dirgantara seperti gantole maupun paralayang,” ujar Kepala Desa (Kades) Sendang, Sukamto.

Sebenarnya masih banyak destinasi lainnya di Kota Sukses. Puluhan jumlahnya dan tersebar di 25 kecamatan yang ada. Hanya saja bakal kami sajikan pada tulisan yang akan datang. Jadi tunggu yah. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com