JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Alpukat Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Buah alpukat. Foto: Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Alpukat merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di kios buah ataupun supermarket. Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat juga bergizi.

Tak heran jika buah ini dijadikan makanan pokok di sejumlah negara di dunia. Buah berdaging tebal ini, selain dikenal sebagai buah, juga sering dikatakan sebagai sayuran.

Selain bisa dikonsumsi langsung, alpukat juga bisa dipakai sebagai bahan pelengkap atau campuran makanan dan minuman lain.

Terlepas dari hal itu, alpukat dikenal memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya. Lantas apa saja manfaat mengonsumsi buah alpukat secara rutin?

Melansir dari healthline.com, alpukat sejatinya adalah buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Saat ini, alpukat telah banyak dibudidayakan di banyak wilayah di dunia.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, selain karena rasa lezat dan tekstur lembut, manfaat alpukat banyak karena diperkaya oleh nutrisi seperti vitamin C, E, K, B6 serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga menyediakan lutein, beta karoten, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

Berikut manfaat yang diperoleh ketika mengonsumsi alpukat secara rutin.

Bermanfaat untuk kesehatan usus
Melansir dari healthline.com, alpukat mengandung serat yang tinggi, setidaknya sekitar 14 gram di setiap buah alpukat.

Serat membantu sistem pencernaan untuk mendorong pertumbuhan bakteri sehat. Oleh karena itu, mengonsumsi alpukat dapat bermanfaat bagi kesehatan usus dengan mengurangi konsentrasi asam empedu tinja.

Menjaga kesehatan mata

Melansir dari bbcgoodfood.com, alpukat merupakan sumber vitamin E serta karoten seperti lutein dan zeaxanthin yang dianggap membantu menjaga kesehatan mata.

Hal ini karena kedua kandungan tersebut memberikan perlindungan antioksidan meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV. Selain itu, konsumsi alpukat bisa mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

Mengontrol berat badan

Alpukat merupakan salah satu buah yang mampu mengontrol berat badan. Melansir dari healthline.com, meskipun alpukat tinggi kalori, alpukat dikemas dengan serta dan lemak sehat sehingga membantu meningkatkan rasa kenyang. Di samping itu, alpukat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lemak perut.

Menyehatkan jantung

Dilansir dari medicalnewstoday.com, setiap 100-gram buah alpukat mengandung sterol tumbuhan alami yang disebut sebagai beta sitosterol. Mengkonsumsi beta sitosterol dan sterol tumbuhan lainnya secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat, yang penting untuk kesehatan jantung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com