JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Tidak Diduga dari Pantauan Harga Kebutuhan Pokok di Gunungkidul DIY, Tim Pengendali Inflasi Daerah Temukan Hal ini

Minyak goreng curah
Antrean minyak goreng curah di Wonogiri. Foto : warga
ย ย ย 

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah harga kebutuhan pokok di Gunungkidul DIY mengalami kenaikan.

Hal itu terungkap Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan pantauan harga kebutuhan pokok di Gunungkidul.

Melansir jogjaprov.go.id, Rabu (6/4/2022) secara umum kondisi di Gunungkidul pada dasarnya hampir sama dengan di Kabupaten Sleman. Dimana minyak goreng curah cukup langka di pasaran, namun untuk minyak kemasan masih cukup tersedia sehingga masyarakat bisa menyesuaikan diri menghadapi situasi semacam ini.

Demikian dikatakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Trisaktiyana, dalam pantauannnya bersama anggota tim yang lain seusai blusukan di pasar Argosari Gunungkidul.

Baca Juga :  KPU Sleman Buka Tahapan Pilkada 2024, Segini Suara Minimal yang Harus Dikantongi Peserta Perseorangan

Setelah berkunjung ke PT. Sido Rahayu salah satu distributor telur di wilayah Semanu diketahui bahwa harga telur berkisar antara Rp22-24 ribu per kilonya. Hal ini masih dalam rentang normal walaupun mengalami kenaikan sedikit karena harga pakan yang juga naik sehingga mempengaruhi biaya produksi.

“Persoalan minyak goreng merupakan skala nasional, namun demikian yang paling penting adalah tersedianya barang tersebut di masyarakat walaupun harganya belum mencukupi, karena riil di lapangan harganya berkisar di atas Rp20 ribu rupiah per liternya,” kata dia.

Baca Juga :  Dalam Dua Setengah Bulan, 56 Warga Sleman Terjangkit DBD

Namun untuk produk pertanian seperti cabai dalam keadaan fluktuatif, kecuali beras dalam kondisi stabil.

Mengakhiri pantauannya di wilayah Gunungkidul, TPID DIY yang juga didampingi oleh Kepala Biro Perekonomian dan SDA Setda DIY Yuna Pancawati dan juga Bupati Gunungkidul Sunaryanta beserta jajarannya meninjau langsung UD. Wahyu di daerah Ponjong yang merupakan distributor sembako.

Diperoleh data bahwa gula pasir dengan harga Rp13.500/kg, gula kemasan seharga Rp14.500/kg, telur ayam R. 23.000/kg dan minyak goreng kemasan 2 Liter seharga Rp50.000/2 lt. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com