JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kembali Terjadi, Puan Maharani Diduga Sengaja Matikan Mik Anggota DPRRI Saat Interupsi

Ketua DPR RI Puan Maharani / liputan6

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lagi-lagi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani diduga kembali mematikan mikrofon atau mik anggota dewan saat menyampaikan interupsi.

Hal itu terjadi pada Rapat Paripurna Masa Sidang V 2022-2023, Selasa (24/5/2022)kemarin.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar memastikan, insiden matinya mikrofon anggota DPR Fraksi PKS Amin AK saat rapat paripurna, bukan hal yang disengaja oleh Puan Maharani.

Baca Juga :  Menpan RB Tjahjo Kumolo Dirawat Intensif di RS, Mahfud MD Ambil Alih Sementara

Menurutnya, mikrofon yang biasa digunakan untuk anggota DPR RI di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Nusantara I, memang diatur otomatis untuk mati setelah menyala selama lima menit.

“Jadi setelah dipencet, mik akan menyala, untuk kemudian akan mati secara otomatis setelah lima menit,” kata Indra dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022).

Indra memastikan, pengaturan itu sesuai dengan batas maksimal waktu bicara yang diberikan kepada anggota DPR, selagi pembatasan durasi sidang paripurna di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Otaki Sindikat Skimming Rekening Nasabah, Pria Asal Estonia Diringkus Polda Metro Jaya. Keuntungannya Bikin Geleng Kepala

Selain itu, pengaturan mikrofon mati secara otomatis ini sudah sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Tata Tertib (Tatib) Anggota Pasal 256 ayat 6.

Dalam pasal itu, diatur setiap anggota diizinkan bicara dan menyampaikan pertanyaan maksimal lima menit.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua