JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kepada Pejabat dan PNS Sragen, Mantan Bupati Untung Wiyono Ingatkan Tak Terlalu Fanatik Pada Pemimpin. “Biasa Saja Lah, 5 Tahun Sekali Berganti!

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono didampingi sang istri saat menerima kunjungan Bupati-Wabup, Sekda dan jajaran kepala OPD yang melakukan anjangsana memeringati HUT Sragen, Kamis (26/5/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono berpesan agar para pejabat OPD lebih mengedepankan profesionalitas dan tidak terlalu fanatik terhadap siapapun pemimpinnya.

Sebab fanatisme berlebihan dikhawatirkan akan membatasi profesionalitas PNS mengingat masa jabatan pemimpin daerah hanya lima tahun.

Petuah itu disampaikan Bupati Sepuh periode 2001-2011 itu saat menerima kunjungan anjangsana dari Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wabup Suroto dan jajaran pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di kediamannya Ndayu, Jurangjero, Karangmalang, Kamis (26/5/2022).

Di hadapan belasan pejabat eselon 2 yang mendampingi Bupati dan Wabup, Untung mengingatkan agar para pejabat terus bekerja secara profesional demi kemajuan Sragen.

Terhadap pejabat dan para PNS, ia meminta tak terlalu fanatik berlebihan dengan siapapun pemimpinnya.

“Bupati dan wabup itu lima tahun sekali berganti karena proses demokrasi. Makanya biasa saja lah, jangan terlalu fanatik,” paparnya.

Ayahanda Bupati Yuni ini juga bersyukur saat ini Sragen sudah banyak kemajuan. Dia menceritakan saat menjabat Bupati Sragen dulu, angka kemiskinan sangat tinggi, bahkan mencapai 40 persen.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari
Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono didampingi sang istri. Foto/Wardoyo

Berkat berbagai program dan terobosan yang dilakukan pemerintah, angka kemiskinan Sragen terus menurun.

“Termasuk jumlah pengusaha atau saudagar di Sragen dulu paling hanya 1 persen. Sekarang jumlah pengusaha mulai kecil menengah dan besar mungkin sudah lebih dari 30 persen,” tandasnya.

Untuk infrastruktur jalan dan jembatan, Untung juga menilai saat ini Sragen kondisinya sudah bagus.

Menurutnya saat ini hanya tinggal melakukan maintenance untuk menjaga infrastruktur tersebut tetap baik.

“Saya dulu juga sudah meletakkan pondasi ketahanan pangan dengan surplus beras hingga Sragen dikenal sebagai salah satu lumbung beras nasional. Sekarang alhamdulilah surplus beras juga makin meningkat,” ujarnya.

Anjangsana itu dilakukan oleh Bupati-Wabup dan jajaran pejabat teras dalam rangka memeringati HUT ke-276 Kabupaten Sragen tahun 2022.

Tradisi HUT Sragen 

Tradisi anjangsana dilakukan dengan menyambangi kediaman sejumlah mantan pemimpin Sragen, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Selain silaturahmi, kunjungan dilakukan dalam rangka meminta masukan dan saran dari para tokoh pemimpin pendahulu tersebut.

Kunjungan diawali menyambangi kediaman Sujadi, mantan Plt Bupati Sragen, di Kartasura Sukoharjo.

Kemudian berlanjut ke kediaman mantan Wabup 2016-2021, Dedy Endriyatno di Mojomulyo Sragen.

Kunjungan terakhir ke kediaman Untung Wiyono, mantan bupati dua periode di Dayu, Karangmalang.

Sebenarnya rombongan juga dijadwalkan mengunjungi kediaman mantan Bupati Agus Fatchurrahman, namun yang bersangkutan sedang acara luar kota.

Sementara, Bupati Yuni mengatakan kegiatan anjangsana para pemimpin dahulu ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan saat peringatan hari jadi Kabupaten Sragen.

Tradisi bagus tersebut sudah dilakukan rutin bertahun-tahun dan akan terus dilanjutkan ke depannya.

“Sebenarnya kami juga sudah agendakan mengunjungi Bupati Sepuh Agus Fatchurrahman. Tapi beliaunya sedang acara di luar kota bersama keluarga,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com