JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mau Tahu Sejarah Jamu di Indonesia? Bisa Lihat Pameran di Monumen Pers Nasional

Pameran sejarah jamu di tanah air di Monumen Pers Nasional. Foto: JSNews/Ando

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Monumen Pers Nasional (MPN) menggelar pameran tentang sejarah perjalanan jamu di Indonesia dipamerkan di Monumen Pers Nasional. Pembukaan Pameran Usada, Seni Penyembuhan Tradisional Indonesia Senin (23/5/2022).

Pameran yang digelar mulai 23 hingga 31 Mei 2022 ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Monumen Pers Nasional dalam rangka Hari Museum Internasional #IMD2022.

Kepala Monumen Pers Nasional Solo, Widodo Hastjaryo menjelaskan tema yang diusung untuk Hari Museum Internasional 2022 adalah The Power of Museums.

Baca Juga :  Pemkot Solo Buka Lowongan 5 Kepala Dinas, Jelang Penutupan Belum Ada yang Mendaftar

“Museum dianggap sebagai institusi yang memiliki kekuatan untuk memicu daya dorong pengembangan ekonomi sosial, menjadi tempat bermain yang inovatif, dan membangun komunitas yang berpendidikan melalui koleksi dan program-program publik yang dilaksanakan,” kata Widodo.

Widodo mengatakan, melalui kegiatan “Pameran Usada, Seni Penyembuhan Tradisional Indonesia” ini, Monumen Pers Nasional ingin mengajak para pengunjung untuk memahami perjalanan dan perkembangan Usada atau Jamu yang merupakan Warisan Budaya Tak Benda milik Indonesia.

Baca Juga :  Warga Pasar Kliwon Solo Kesulitan Zonasi PPDB SMA,  Gibran Usulkan SMA 2 Dibuat Cabang

“Pameran ini diharapkan dapat menarik apresiasi masyarakat untuk melestarikan Usada atau Jamu yang merupakan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Selain itu, pameran ini dapat menjadi obat bagi masyarakat dan sahabat museum untuk mengunjungi kembali pameran di museum secara langsung, mengingat pemerintah telah melakukan pelonggaran-pelonggaran terhadap aktivitas masyarakat,” jelas Widodo.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua