JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: Indonesia Perkuat Kerja Sama Ekonomi dengan Arab Saudi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (ketiga kiri) / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi dan Perencanaan Arab Saudi, Faisal Al-Ibrahim DI Davos, Swiss, Minggu (22/5/2022).

Pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari hubungan bilateral di bidang ekonomi yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Melalui rilisnya ke Joglosemarnews, Menko Airlangga menjelaskan, nilai perdagangan Indonesia-Arab Saudi tercatat sebesar USD5,5 miliar pada tahun 2021.

Ekspor Indonesia ke Arab Saudi selama periode Januari-Desember 2021 sebesar USD1,5 miliar, naik sebesar 12,78% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang berjumlah USD1,33 Miliar.

Baca Juga :  Pemerintah Dorong Peningkatan Jumlah UMKM di Indonesia

Selain itu, total nilai Foreign Direct Investment dari Arab Saudi ke Indonesia mencapai USD24,6 juta pada periode 2016-2021.

Ada beberapa isu yang dibahas dalam pertemuan bilateral tersebut, antara lain mengenai perdagangan antara kedua negara dan rencana kerja sama pada bidang investasi.

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga menyampaikan harapannya agar Indonesia dapat menjadi mitra strategis Arab Saudi melalui sinergi upaya Visi Arab Saudi 2030 dan Visi Indonesia Emas 2045.

Dia juga berharap hubungan bilateral kedua negara akan terjalin semakin erat, khususnya pada kerja sama ekonomi.

Baca Juga :  Beraksi di Jakarta, Perampok Minimarket Bersenjata Pistol Ditangkap di Jawa Tengah. Sempat Ditembak, Ini Penampakannya 

Dibahas pula berbagai perkembangan di kawasan dan global yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

Menko Airlangga juga menyampaikan beberapa perkembangan terkait Presidensi G20 dan keanggotan Indonesia pada Global Crisis Response Group (GCRG).

Untuk itu, Menko Airlangga mengharapkan dukungan dan kerja sama Pemerintah Arab Saudi dalam mencapai kepentingan global bersama.

Menanggapi hal itu, Menteri Faisal Al-Ibrahim menjelaskan pertumbuhan ekonomi Arab Saudi yang didorong oleh minyak dan gas.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua