JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Usai Lebaran, Anda Bisa Turunkan Kolesterol dengan Buah-buah Ini

Ilustrasi minuman jus jeruk. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lebaran identik dengan aneka macam hidangan yang mengundang selera makan.

Biasanya, hidangan Lebaran didominasi dengan bahan santan dan daging-daging-an, sehingga bisa memicu lonjakan kolesterol.

Spesialis gizi klinis, Sheena R Angelia menjelaskan, makanan tinggi kolesterol contohnya daging berlemak, jeroan dan makanan tinggi lemak jenuh seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng.

Dikatakan, pada dasarnya, kolesterol adalah lemak di dalam aliran darah atau sel tubuh yang dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Baca Juga :  Politikus PDIP ini Minta Indonesia Harus Memulai Kajian Tanaman Ganja untuk Kepentingan Medis

Akan tetapi, apabila kadarnya dalam darah berlebihan maka bisa mengakibatkan penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Meski demikian, ada beberapa tips menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan, mulai dari memperbanyak minum air putih, olahraga, hingga memperbanyak asupan sayur dan buah. Berikut lima buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

 

Beri

Ada bermacam-macam jenis beri, seperti blakberi, rasberi, dan stroberi. Semuanya memiliki manfaat serupa untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :  5 Penyebab Insomnia, Apa Saja?

Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi berbagai jenis buah beri sebagai camilan sehat agar kolesterol lebih mudah untuk dikontrol.

 

Jeruk

Tak hanya mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Riset dalam Nutrition Journal menunjukkan 23 persen orang yang mengonsumsi jus jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol dibandingkan yang tidak.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua