JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Usai Lebaran, Anda Bisa Turunkan Kolesterol dengan Buah-buah Ini

Ilustrasi minuman jus jeruk. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lebaran identik dengan aneka macam hidangan yang mengundang selera makan.

Biasanya, hidangan Lebaran didominasi dengan bahan santan dan daging-daging-an, sehingga bisa memicu lonjakan kolesterol.

Spesialis gizi klinis, Sheena R Angelia menjelaskan, makanan tinggi kolesterol contohnya daging berlemak, jeroan dan makanan tinggi lemak jenuh seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng.

Dikatakan, pada dasarnya, kolesterol adalah lemak di dalam aliran darah atau sel tubuh yang dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Akan tetapi, apabila kadarnya dalam darah berlebihan maka bisa mengakibatkan penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Meski demikian, ada beberapa tips menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan, mulai dari memperbanyak minum air putih, olahraga, hingga memperbanyak asupan sayur dan buah. Berikut lima buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

 

Beri

Ada bermacam-macam jenis beri, seperti blakberi, rasberi, dan stroberi. Semuanya memiliki manfaat serupa untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi berbagai jenis buah beri sebagai camilan sehat agar kolesterol lebih mudah untuk dikontrol.

 

Jeruk

Tak hanya mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Riset dalam Nutrition Journal menunjukkan 23 persen orang yang mengonsumsi jus jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol dibandingkan yang tidak.

Namun, sebaiknya hindari memberikan gula atau pemanis tambahan dan sebaiknya konsumsi jeruk dalam bentuk buah utuh.

 

Semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan likopen yang mampu mencegah radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Jadi, tidak ada salahnya rutin mengonsumsi semangka, baik setelah makan atau sebagai camilan sehari-hari.

 

Apel

Sebutir apel mengandung karbohidrat, protein, serat, hingga vitamin C. Apel juga mengandung pektin, salah satu jenis serat alami yang banyak ditemukan di dalam buah.

Kandungan pektin tersebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Anggur

Serupa dengan apel, anggur memiliki kandungan pektin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, anggur juga banyak mengandung serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Serat larut ini mendorong tubuh memproduksi kolesterol dan menghentikan hati memproduksi senyawa ini.

Lebih jauh, kandungan senyawa bioaktif dalam anggur juga membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lain karena memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Di sisi lain, asupan anggur dan beri juga mampu membantu meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com