JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Akselerasi Pengembangan Kawasan BBK,Pemerintah Kembangkan Sarana Transportasi Berstandar Internasional di Batam

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja ke Batam / Istimewa

BATAM, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah menggenjot pembangunan sarana prasarana transportasi yang dapat meningkatkan efisiensi dan biaya logistik, terutama untuk mengakselerasi pengembangan Kawasan Batam, Bintan, dan Karimun (BBK).

Salah satunya adalah pengelolaan bandara yang juga bakal dilakukan secara lebih profesional sesuai standar pelayanan internasional.

Pengelolaan itu sendiri dilakukan oleh PT Bandara Internasional Batam (PT BIB) dengan dimulainya pembangunan pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Terkait dengan hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto hadir menyaksikan acara Serah Terima Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam dari Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) kepada PT BIB di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga :  Setelah Tersangka, Bharada E Mengaku Tertekan Lahir Batin. Ini Isi Curhatnya!

Serah terima tersebut memasuki masa transisi satu minggu dan akan berlaku efektif per 1 Juli 2022.

“Dengan adanya airport ini, dan lewat kerja sama dengan bandara Incheon di Korea, diharapkan bisa menjadi hubungan logistik nasional,” ujar Menko Airlangga dalam kesempaten tersebut.

Bagi industri elektronik, jelas Menko Airlangga, tentu hal itu sangat membutuhkan adanya direct flight, terutama untuk mendorong supply chain.

Menko Airlangga berharap, ke depannya hubungannya semakin luas, dan bisa menjadi gateway ke Amerika, Korea, Batam, Tiongkok dan Singapura.

Lebih lanjut, PT BIB yang didukung oleh konsorsium PT Angkasa Pura I, PT Wijaya Karya, dan Incheon International Airport Corporation Korea Selatan, telah berkomitmen untuk membuka akses baru penerbangan langsung, terutama ke Korea Selatan, Tiongkok, serta beberapa negara lain dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki Incheon International Airport Corporation.

Baca Juga :  Muncul Lagi Subvarian Omicron yang Lebih Cepat Menular, Pakar: Tak Perlu Cemas, Tapi Jangan Disepelekan

Dengan semakin terbukanya jaringan penerbangan internasional dari dan ke Batam, jelas Menko Airlangga, hal itu akan mempercepat pemulihan dan pengembangan industri pariwisata di Kawasan BBK.

Kondisi tersebut,  otomatis juga dapat mengefisienkan layanan kargo untuk kemudian meningkatkan daya saing industri dan mengurangi biaya logistik di Batam, serta dapat mendorong supply chain barang elektronik baik dari bahan baku maupun produknya sendiri.

BP Batam sepenuhnya berharap melalui PT BIB Bandara Hang Nadim dapat menjadi bandara terbaik dan dapat berkompetisi dengan negara tetangga.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com