JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Diduga Terjangkit PMK, Empat Ekor Sapi Di Suruhkalang, Jaten Disterilkan

Kades Suruhkalang, Jaten, Karanganyar, Mawan Thohari (baju hitam) dan petugas kepolisian tengah meninjau ternak sapi di salah satu kandang sapi milik warga / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sedikitnya empat ekor sapi di  Dusun Ngetal Rt 03/01, Suruhkalang, Jaten, Karanganyar, Jateng disterilkan menyusul dugaan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK, Kamis (9/6/2022).

Sementara itu sebanyak 150 ekor sapi yang ada di Desa Suruhkalang terus dalam pantauan Dinas Peternakan setempat dikhawatirkan agar tidak terjangkit PMK.

Kades Suruhkalang, Mawan Thohari mengatakan semula dirinya mendapatkan laporan warga terdapat empat ekor sapi milik dua warganya yang terindikasi sakit PMK.

Akibatnya warga sekitar peternakan sapi panik jika penyakit tersebut menulari sapi milik tetangganya.

“Iya benar awalnya warga memvonis sejumlah ekor sapi terkena PMK selanjutnya Kades berkordinasi dengan Polsek Jaten dan Dinas Peternakan melakukan sidak,” ungkap Mawan Thohari kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (9/6/2023).

Selanjutnya setelah dilakukan pengechekan dan terdapat empat ekor sapi yang terjangkit penyakit, maka langsung dilakukan penyuntikan vaksin dan keempat sapi itu disterilkan dikandang masing-masing.

Dengan demikian lanjut Kades Mawan Thohari kondisi sapi di Desa Suruhkalang aman bebas dari PMK.

“Setelah disuntik dan disterilkan maka sapi yang ada di Desa Suruhkalang bebas dari penyakit,” tandas Mawan Thohari.

Mawan Thohari menjelaskan Desa Suruhkalang tergolong desa dengan jumlah populasi sapi cukup banyak sekitar – http. Bahkan di Desa  jugu dua peternak besar yang selama ini sering memasok sapi keluar daerah. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com