JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dukung Karawitan Sragenan Masuk Kurikulum Sekolah, Sriyanto Saputro Berharap Bisa Go Internasional

Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro (tengah kanan) bersama pegiat seni asal Ngarum, M Karno KD (tengah) dan pengamat seni, Robert Aris Widodo (kiri) saat menjadi nopembicara dalam seminar parlemen bertajuk membangkitkan karawitan gaya Sragenan di Desa Ngarum, Ngrampal, Sragen, Sabtu (25/6/2022) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan seni karawitan gaya Sragenan.

Bahkan ia mendukung dan mendorong karawitan gaya Sragen bisa masuk kurikulum muatan lokal (Mulok) pembelajaran di sekolah dasar.

Hal itu ia sampaikan saat hadir sebagai pembicara dalam kegiatan seminar parlementer di Dukuh Tunggulsari RT 31 Desa Ngarum, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Sabtu (25/6/2022) malam.

Dialog dan seminar dengan tema “Membangkitkan Karawitan Gaya Sragenan” itu dihadiri oleh pengamat budaya, Robert Aris Widodo dan maestro seni karawitan gaya Sragenan asal Ngarum, M Karno KD.

Baca Juga :  Billy Ungkap Beras Selundupan Marak, Dinas Perdagangan Langsung Terjunkan Tim!

Ratusan tokoh dan warga berbagai desa serta pecinta seni karawitan di Ngrampal dan sekitarnya turut hadir memeriahkan.

Sriyanto yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi C DPRD Jateng, menyampaikan seminar itu digelar untuk membangkitkan kembali seni karawitan gaya Sragenan yang penemunya ternyata adalah orang Ngarum bernama Mbah Karno KD.

Dengan keunikan serta gaya khas yang rancak untuk dinikmati, menurutnya karawitan gaya Sragenan memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan dan dilestarikan.

“Sebagai anggota DPRD Jawa Tengah dan kebetulan Sragen ini merupakan Dapil saya, saya merasa terpanggil untuk melestarikan tradisi kesenian karawitan gaya Sragenan ini. Jangan sampai anak cucu kita tidak mengenal, jangan sampai juga orang Sragen tidak tahu punya potensi karawitan kaya Sragenan yang asyik untuk jogetan,” papar Sriyanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Baca Juga :  Anies Dipinang Nasdem, Apa Kabar Taruhan Alphard Hasan Nasbi. Billy Sejak Awal Yakin!

Go Internasional

Legislator asal Dapil Sragen, Wonogiri, Karanganyar itu berharap melalui event-event seperti ini, bisa mengenalkan karawitan khas Sragenan kepada masyarakat luas dan generasi muda.

Sehingga ke depan, karawitan asli Sragen bisa semakin dikenal, dicintai masyarakat dan bahkan bisa go internasional.

Sriyanto Saputro saat memberikan keterangan pers. Foto/Wardoyo

Ia juga mendukung keinginan pegiat seni dan akan berkolaborasi dengan stake holder terkait agar karawitan menjadi muatan lokal di jenjang pendidikan SD di Sragen.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com