JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Nutrisi Telur Ayam dan Bebek, Lebih Banyak Mana?

Ilustrasi telur. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Telur merupakan salah satu makanan hewani yang cenderung berharga murah, mudah ditemukan dan sederhana cara memasaknya.

Kebanyakan, telur yang dikonsumsi oleh masyarakat adalah telur ayam atau bebek. Keudua jenis telur dari unggas ini sama-sama mengandung protein. Tetapi telur bebek lebih banyak mengandung protein daripada telur ayam, seperti dikutip dari WebMD.

Protein berfungsi untuk mempertahankan berat badan yang sehat, dan memulihkan diri setelah berolahraga. Telur bebek juga bermanfaat untuk pembentukan otot, kesehatan kulit, mengatasi kelelahan.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Lalu apa saja perbedaan telur bebek dan telur ayam?

Nutrisi

Telur bebek dan telur ayam sama-sama mengandung nutrisi protein dan sumber lemak yang baik. Walaupun sama-sama bergizi, telur bebek cenderung mengandung lebih banyak nutrisi daripada telur ayam, termasuk folat, zat besi, dan vitamin B12. Telur bebek mengandung sebanyak 168 persen vitamin B12 yang berguna untuk DNA dan pembentukan sel darah merah.

Ukuran
Perbedaan ukuran paling kentara antara telur bebek dan ayamu. Telur bebek lebih besar dari telur ayam. Warna cangkang telur bebek pun berlainan berdasarkan jenis genetika dan pakan. Ada telur bebek yang berwarna abu-abu agak hijau kebiruan. Ada pula yang cangkangnya berwarna putih.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Ukuran kuning telur bebek lebih besar dari telur ayam. Warna kuning telur ayam biasanya kuning agak cerah. Sedangkan kuning telur bebek, agak gelap seperti berwarna oranye.

Rasa

Kebanyakan orang mengumpamakan rasa dan tekstur kuning telur bebek seperti krim (creamy) daripad telur ayam. Kuning telur bebek lebih kental daripada telur ayam.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com